5 alasan mengapa Indonesia kedatangan YouTube FanFest

JAKARTA, Indonesia — Jakarta kedatangan bintang YouTubers mancanegara yang akan berkolaborasi dengan YouTubers lokal di acara YouTube FanFest Indonesia di Sheraton Ballroom, Gandaria City hari ini, 23 Oktober.

Indonesia merupakan negara kesembilan tempat diselenggarakannya festival ini.

Berikut alasan mengapa Indonesia didatangi oleh YouTube FanFestival yang dirangkum oleh Rappler:

1. #BringYouTubersToJakarta sempat menjadi tren di media sosial

Antusiasme Indonesia terhadap acara YouTube FanFest yang sudah muncul sejak 2013 di Singapura, diperlihatkan oleh para fans dan YouTubers yang berhasil membuat tag #BringYouTubersToJakarta menjadi tren di Twitter.

“Jadi usut punya usut sekitar dua-tiga bulan lalu, kita para YouTubers dan juga para fans bikin hashtag #BringYouTubersToJakarta dan pada malam itu langsung trending topic di Indonesia,” kata pemandu acara konferensi pers dan YouTube FanFest Indonesia nanti malam Edho Zell. Edho adalah bintang YouTube Indonesia dengan jumlah subscriber sebanyak 350.000 orang.

2. YouTube adalah jaringan tanpa batas

Saat akuisisi YouTube oleh Google pada 2006, kebanyakan pengguna situs tersebut berasal dari Amerika Serikat, namun sekarang 80% penontonnya berasal dari seluruh penjuru dunia. Selain itu, saat ini YouTube juga telah mempunyai cabang di 73 negara, termasuk Indonesia.

Sebanyak 400 jam konten video diunggah ke YouTube setiap menitnya, dan pertumbuhan yang terjadi adalah sebesar 600% pada setahun belakangan. Hal ini menunjukkan bahwa YouTube merupakan platform internasional yang sangat besar.

Menurut penuturan Director of Content and Operation YouTube Asia Pasifik Gautam Anand, Indonesia memiliki antusiasme yang sangat besar terhadap konten YouTube, baik dari uploader lokal maupun internasional.

“Terdapat peningkatan sebesar 130%  jumlah penonton YouTube di Indonesia dalam setahun terakhir,” kata Gautam dalam acara konferensi pers YouTube FanFest Indonesia, 23 Oktober.

3. Variasi YouTubers Indonesia

Banyaknya penonton YouTube dari Indonesia secara tidak langsung membuat semakin banyak konten yang berasal dari Indonesia pula.

Anand mengaku sangat senang dengan keberagaman talenta yang dimiliki oleh para Youtubers di Indonesia.

“Ada musisi, komedian, beauty dan fashion vloggers. Keberagaman tersebut sangat menyenangkan bagi saya,” kata Anand.

Selain itu, Director of Content and Operation YouTube Asia Pacific ini juga mengatakan bahwa ia sangat terkejut melihat peningkatan jumlah konten yang diunggah ke YouTube dari Indonesia, yakni 600% dalam setahun terakhir.

4. Fans di Indonesia terkenal “gila”

CEO Branded Ltd. Jasper Donat selaku co-produser YouTube FanFest di seluruh dunia mengaku tidak sabar untuk menyelenggarakan acara ini di Indonesia.

“Kita tahu di Indonesia fans sangat “gila,” dalam konteks yang baik tentunya,” kata Donat dalam konferensi pers YouTube FanFest Indonesia.

Jasper juga berharap acara akan berlangsung meriah tidak hanya karena kehadiran para pengisi acara, melainkan juga dengan bantuan para penonton Indonesia yang turut meramaikan YouTube FanFest ke-18 ini.

5. Kolaborasi bintang YouTube dunia dengan YouTubers Indonesia

“Sam Thompkins telah mengurung diri di kamar hotelnya yang ia ubah menjadi studio rekaman selama tiga hari dan merekam tiga video kolaborasi bersama Jakarta BeatBox, The Overtunes, dan GAC (Gamaliel-Audrey-Cantika),” tutur Jasper.

Jasper melihat bahwa talenta para YouTubers Indonesia akan dapat menjangkau penonton internasional yang lebih luas YouTube FanFest dan kolaborasi dengan artis YouTube yang berasal dari mancanegara.

Kamu penasaran tapi kehabisan tiket? Kamu tetap bisa menikmati keseruan YouTube FanFest Indonesia perdana melalui livestreaming di www.youtube.com/fanfest mulai pukul 20:00.—Rappler.com

BACA JUGA: