Hutan Riau kembali membara, tim BPBD mundur

JAKARTA, Indonesia — Kebakaran hutan di Pelalawan, Riau, sudah sempat padam selama beberapa hari, namun dalam 24 jam terakhir kawasan ini kembali terbakar.

Menurut Ketua Badan Penanggulangan Bencana Nasional Sutopo Purwonugroho, Sabtu, 19 November, tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah akhirnya ditarik mundur. 

Berbagai upaya dilakukan untuk memadamkan api yang membesar, termasuk waterbombing namun belum berhasil memadamkan api.  

Menurut Sutopo, bukan kekeringan yang membuat Pelalawan kembali membara, namun ada upaya sengaja untuk membuka lahan sawit. 

Jumlah titik panas melonjak

Dalam 24 jam terakhir, jumlah titik api di perbatasan Riau dan Jambi melonjak tinggi, sementara pada Jumat pagi tidak ada titik panas sama sekali. 

"Dari pantauan petugas keberadaan titik panas itu berada di Pelalawan dan Indragiri Hulu," kata Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Sabtu, 19 September.

Sampai saat ini ada 127 titik panas yang terdeteksi satelit Terra dan Aqua. 

"Tadi malam BMKG Pekanbaru merilis ada 116 titik panas, lalu meningkat jadi 127. Jujur saya terkejut dengan lonjakan ini," kata Edwar. 

"Saya tidak tahu pasti penyebabnya, hanya saja sampai sekarang tidak habis pikir (titik panas) bisa melonjak tajam seperti ini. Tapi sekarang yang perlu kami lakukan fokus padamkan api." — Laporan dari Antara/Rappler.com

BACA JUGA: