Berita hari ini: Jumat, 26 Agustus 2016

Indonesia wRap: Jumat, 26 Agustus 2016

Dari 2 mahasiswa Indonesia dibebaskan Turki hingga Ronaldo pemain terbaik Eropa

Dua mahasiswa Indonesia yang sempat ditahan oleh Pemerintah Turki akhirnya dibebaskan. Keduanya ditangkap oleh otoritas berwenang di sana karena dicurigai terkait dengan kelompok Fethullah Gulen yang dituding menjadi otak di balik upaya kudeta pemerintahan Turki yang sah. 

"Rumah Lembang itu untuk tempat berkumpul seluruh elemen publik yang simpati terhadap Ahok," kata juru bicara Tim Pemenangan Ahok, Wibi Andrino.

Simak video Indonesia wRap berikut:

Tim sukses Ahok resmikan posko pemenangan ‘Rumah Lembang’

Kordinator Doddy A Matondang (tengah) bersama sejumlah relawan lain, saat Deklarasi Relawan Ahok-Djarot di Jakarta, pada 25 Agustus 2016. Foto oleh Reno Esnir/Antara

Kordinator Doddy A Matondang (tengah) bersama sejumlah relawan lain, saat Deklarasi Relawan Ahok-Djarot di Jakarta, pada 25 Agustus 2016.

Foto oleh Reno Esnir/Antara

Tim sukses calon Gubernur DKI Jakarta Basuki “Ahok” Tjahaja Purnama meresmikan posko pemenangan yang diberi nama “Rumah Lembang”, pada Kamis, 25 Agustus.

"Rumah Lembang itu untuk tempat berkumpul seluruh elemen publik yang simpati terhadap Ahok," kata juru bicara Tim Pemenangan Ahok, Wibi Andrino, di kawasan Menteng, Jakarta.

Wibi menuturkan Rumah Lembang akan menjadi tempat berkumpul para partai pendukung seperti Nasional Demokrat (NasDem), Golkar, Hanura, termasuk relawan dan organisasi masyarakat yang memajukan Ahok pada Pilkada DKI Jakarta 2017. Selengkapnya di Antara.

Dua mahasiswi Indonesia yang ditahan di Turki sudah dibebaskan

Aktivis dari Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh saat menggelar aksi solidaritas mendukung kepimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada 22 Juli 2016. Foto oleh Ampelsa/Antara

Aktivis dari Komunitas Pemuda Subuh (Kompas) Aceh saat menggelar aksi solidaritas mendukung kepimpinan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, pada 22 Juli 2016.

Foto oleh Ampelsa/Antara

Dua mahasiswi Indonesia yang sempat ditahan oleh pemerintah Turki telah dibebaskan.

"Alhamdullillah, puji syukur, bahwa dua mahasiswi Indonesia yang ditahan di Kota Bursa sudah dibebaskan dan telah tiba di Wisma Indonesia di Ankara semalam pukul 23:00," kata Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi, Jumat.

Sebelumnya, dua mahasiswi tersebut ditangkap karena dicurigai berkaitan dengan kelompok yang hendak lakukan kudeta di Turki pada Juli lalu. Mereka kebetulan tinggal di asrama yang digeledah pemerintah Turki. Selengkapnya di Detik.com.

BNPB: Aktivitas vulkanik Sinabung sangat tinggi

Lava pijar mengalir di lereng Gunung Sinabung, terlihat dari Desa Suka Ndebi, Karo, Sumatera Utara, pada 30 Juli 2016. Foto oleh Tibta Perangin angin/Antara

Lava pijar mengalir di lereng Gunung Sinabung, terlihat dari Desa Suka Ndebi, Karo, Sumatera Utara, pada 30 Juli 2016.

Foto oleh Tibta Perangin angin/Antara

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa aktivitas vulkanik Gunung Sinabung sangat tinggi sehingga terjadi guguran awan panas.

"Tingginya tekanan dan suplai energi dari dapur magma Gunung Sinabung menyebabkan aktivitas vulkanik sangat tinggi," kata Kepala Pusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho, Jumat.

Menurutnya, kubah lava atau sumbat lava bervolume 2,6 juta meter kubik dari kawah gunung sudah runtuh.

"Erupsi disertai awan panas guguran secara terus menerus berlangsung di Gunung Sinabung. Gempa guguran juga masih tinggi," katanya.

Sejak Kamis (25/8) hingga pukul 12.00 WIB terjadi 84 kali gempa guguran dengan amplitudo 5-110 milimeter. Status Gunung Sinabung kini berada di Awas (level 4). Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Kamis, 25 Agustus 2016

Dari sidang Jessica hingga PKB dukung Sandiaga Uno

PN Jakpus menggelar sidang lanjutan tewasnya Wayan Mirna Salihin dengan terdakwa Jessica Wongso. Ahli toksikologi I Made Gelgel Wirasuta menyebutkan Mirna meninggal karena terlalu banyak racun sianida di tubuhnya.

"Ada 183,7 - 600 miligram jumlah sianida yang ditemukan di dalam tubuh. Ini termasuk dosis yang mematikan," kata Gelgel.

Sementara itu, Partai Kebangkitan Bangsa deklarasikan dukungan pada Sandiaga Uno. Alasan PKB dukung Sandiaga sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta karena kesamaan visi.

Sandiaga mengatakan, PKB promosikan nilai positif dalam Islam. "Gus Dur mengajarkan kita untuk tidak terpecah-pecah dan keberagaman kita adalah aset,” kata Sandiaga.

“PKB melihat itu dalam diri saya”.

Dari berita seni, teater adaptasi novel Prmaoedya Ananta Toer, Bumi Manusia, dipentaskan di Gedung Kesenian Jakarta. Reza Rahadian berperan sebagai Minke, Chelsea Islan sebagai Annelies, Happy Salma sebagai Nyai Ontosoroh.

Frase “bunga penutup abad” diambil oleh sutradara Wawan Sofwan dari buku Anak Semua Bangsa. Bunga Penutup Abad tampil di GKJ pada 25-27 Agustus 2016.