Berita hari ini: Kamis, 23 Maret 2017

Halo pembaca Rappler,

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Kamis, 23 Maret 2017.

Pemerintah dan DPR sepakat biaya ibadah haji tahun 2017 sebesar Rp 34,8 juta

IBADAH HAJI. Calon jemaah haji mengikuti kegiatan manasik haji di alun-alun kota Kudus, Jawa Tengah, pada 10 Agustus 2016. Foto oleh Yusuf Nugoho/ANTARA

IBADAH HAJI. Calon jemaah haji mengikuti kegiatan manasik haji di alun-alun kota Kudus, Jawa Tengah, pada 10 Agustus 2016.

Foto oleh Yusuf Nugoho/ANTARA

Panitia Kerja Komisi VIII DPR dan Kementerian Agama menyepakati rancangan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 2017 yakni rata-rata sebesar Rp 34.890.312. Angka ini meningkat jika dibandingkan BPIH tahun 2016 yang ditetapkan rata-rata sebesar Rp 34.641.304.

“Menyepakati component direct cost penyelenggaraan ibadah haji 1438 Hijriyah/2017 Masehi sebesar Rp 34.890.312,” ujar Ketua Komisi VIII DPR RI, Ali Taher di Jakarta.

Istilah “direct cost” atau biaya langsung merujuk pada jumlah biaya yang harus dibayar calon jemaah Haji Indonesia yang ditetapkan berangkat pada tahun ini. Lalu, mengapa ada peningkatan biaya untuk beribadah haji di tahun 2017?

Ali menjelaskan ada banyak faktor, salah satunya adalah naiknya kuota haji reguler sebesar 31,4 persen. Pada 2016, jumlah jemaah haji reguler sebanyak 155.200. Sedangkan di tahun 2017 menjadi 204.000 jemaah. Selengkapnya baca di sini.

Bupati nonaktif Banyuasin Yan Anton divonis enam tahun

Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Palembang menjatuhkan vonis hukuman enam tahun penjara dan denda sebesar Rp200 juta subsider satu bulan kurungan kepada Bupati nonaktif Banyuasin Yan Anton Ferdian.

Majelis hakim juga mencabut hak politik Yan Anton selama tiga tahun setelah menyelesaikan masa hukuman. Yan Anton terbukti menyuruh bawahannya mencarikan dana untuk kepentingan pribadi. 

Vonis ini lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum Komisi Pemberantasan Korupsi yang meminta hakim menjatuhkan hukuman delapan tahun penjara dan denda Rp300 juta subsider tiga bulan kurungan. Baca berita selengkapnya di sini.

Wisma atlet Asian Games XVIII kelar Agustus 2017

Foto aerial suasana pembangunan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, Senin (27/2). Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Foto aerial suasana pembangunan Stadion Utama Gelora Bung Karno di Senayan, Jakarta, Senin (27/2).

Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono memastikan pembangunan 10 Wisma Atlet Asian Games XVIII di Kemayoran, Jakarta, akan selesai Agustus tahun ini.

"Rumah susun tingkat tinggi dengan 18 lantai akan selesai pada Juni. Sedangkan rusun dengan 24 lantai pada Juli. Kemudian, rusun dengan 32 lantai akan selesai pada Agustus," katanya dalam siaran pers, Kamis 23 Maret 2017.

Saat ini rumah-rumah susun untuk para atlet dan peliput Asian Games 2018 itu 66 persen sudah terbangun. Namun para kontraktor diminta bekerja lebih cepat agar target kelar Agustus terpenuhi. Baca berita selengkapnya di sini.  

Presiden Jokowi kecam serangan di London

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas tentang perlindungan konsumen di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/3). Foto oleh Rosa Panggabean/ANTARA

Presiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas tentang perlindungan konsumen di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (21/3).

Foto oleh Rosa Panggabean/ANTARA

Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengecam keras serangan teroris yang terjadi di London, Inggris, Rabu waktu setempat. Akibat insiden ini 4 orang dinyatakan tewas.

"Indonesia mengutuk keras tindakan terorisme, dalam segala bentuk dan dalam segala manisfestasinya," kata Presiden Jokowi di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Kepulauan Riau, Kamis 23 Maret 2017.

Selain itu, Presiden Jokowi juga menyampaikan duka cita kepada rakyat dan pemerintah Inggris, khususnya bagi para korban. Baca berita selengkapnya di sini.  

Lima ribu sopir angkot tolak keberadaan ojek online di Manado

Sejumlah anggota Polresta Bogor Kota menjaga jalan Ibrahim Adjie, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3). Foto oleh Arif Firmansyah/ANTARA

Sejumlah anggota Polresta Bogor Kota menjaga jalan Ibrahim Adjie, Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (22/3).

Foto oleh Arif Firmansyah/ANTARA

Sekitar lima ribu supir angkutan kota yang tergabung dalam Asosiasi Angkutan Umum Dalam Kota dan Provinsi (AKDP) akan turun ke jalan memprotes keberadaan ojek line di Kota Manado, Sulawesi Utara, Kamis, 23 Maret 2017

Organda Kota Manado mengatakan aksi ini merupakan bentuk protes mereka kepada pemerintah yang dianggap tidak tegas menyikapi hadirnya angkutan ilegal serta angkutan berbasis "online". 

Kehadiran angkutan gelap yang sudah bertahun-tahun beroperasi tanpa ada penindakan dari instansi terkait, serta kemunculan angkutan berbasis online berdampak signifikan terhadap pendapatan sopir angkutan umum, baik angkutan kota. Baca berita selengkapnya di sini.

—Rappler.com