Indonesia wRap: 25 Mei 2015

JAKARTA, Indonesia — Jokowi tegaskan bantuan untuk pengungsi Rohingnya, jenazah aktivis Jopi dimakamkan sementara polisi masih dalami kasusnya, dan RCTI beri hak jawab perihal kontroversi Indonesian Movie Awards 2015.

Aktivis agraria Jopi dimakamkan di kampung halaman

Aktivis agraria Jopi Peranginangin yang tewas ditikam sekelompok orang tak dikenal, Sabtu dinihari, di depan sebuah kafe di Kemang, Jakarta Selatan, dimakamkan di kampung halamannya, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara. Jopi, 39 tahun, terlibat cekcok dengan sejumlah orang tak dikenal sebelum ditikam dari belakang. Tewasnya Jopi muncul spekulasi bahwa insiden ini bukan hanya perselisihan biasa, beberapa berteori bahwa kematiannya karena pekerjaannya yang sering melawan industri sawit. Selengkapnya di Rappler.com.

Jokowi buka suara atas kasus pengungsi Rohingya

Anak-anak Rohingya di Kamp Kuala Cangkoi sedang mengantri makanan bersama orang dewasa. Foto oleh Febriana Firdaus/Rappler Indonesia

Anak-anak Rohingya di Kamp Kuala Cangkoi sedang mengantri makanan bersama orang dewasa.

Foto oleh Febriana Firdaus/Rappler Indonesia

Presiden Joko “Jokowi” Widodo akhirnya memberikan pernyataan terhadap kasus pengungsi Rohingya yang terdampar di Aceh sejak dua pekan lalu. Menurutnya, bantuan terhadap mereka adalah bagian dari solidaritas kemanusiaan. Jokowi juga mengatakan Indonesia akan menerima pengungsi Rohingya jika Malaysia dan Thailand juga melakukan hal yang sama.  

Dua kubu Golkar islah demi pilkada

Partai Golkar memutuskan untuk mengesampingkan konflik antara dua kubu — Aburizal “Ical” Bakrie dan Agung Laksono — dan sepakat berdamai agar partai tersebut bisa ikut serta dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. "Islah kan islah terbatas saja dalam rangka memastikan Partai Golkar bisa ikut Pemilukada (serentak) 9 Desember 2015 ini,” kata Agung. 

Namun, Agung menyatakan pihaknya akan tetap mengajukan banding atas keputusan PTUN beberapa waktu lalu yang mengesahkan kepemimpinan Bakrie. Selengkapnya di Rappler.com.

RCTI buka suara soal kemenangan Angel Pieters di IMA

Setelah sempat bungkam soal kontroversi kemenangan penyanyi pendatang baru Angel Pieters di Indonesian Music Awards, RCTI buka suara, Sabtu. Dalam hak jawabnya, RCTI mengatakan bahwa kemenangan Angel merupakan kemenangan publik. Menurut Corporate Secretary MNC Group Syafril Nasution Angel terpilih karena jumlah SMS yang didapatnya paling banyak dibanding nominee lainnya dalam kategori Soundtrack Terfavorit. Namun dalam hak jawabnya, RCTI tak mengatakan apapun perihal nama Angel yang awalnya tak terdaftar sebagai nominee.

Boyzone ajak Jakarta bernostalgia ke tahun ‘90an

Ribuan penonton hadiri konser Boyzone di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 22 Mei, malam. Boyband asal Dublin, Irlandia, ini menampilkan lagu-lagu hits terbaik di era 1990an hingga awal 2000an. Klimaks konser ini terjadi ketika para personil Boyzone memasang video yang mengenang Stephen Gately, seorang personil mereka yang meninggal dunia pada 2009 lalu. "Kalian tahu ini berat bagi kami, kehilangan salah satu bagian dari kami.  Ini pertama kalinya kami tampil di Asia tanpa Steven. Kami meraskan kehadiran steven di ruangan ini, terimakasih pada kalian untuk hal ini," kata pentolan Ronan Keating terharu. Selengkapnya di Metrotvnews.com. —Rappler.com