Berita hari ini: Jumat, 21 April 2017

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Jumat, 21 April 2017.

Anies berangkat ke Balaikota naik helikopter Erwin Aksa bukan Lippo

Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo siap bekerja sama dengan gubernur terpilih dari hasil Pilkada DKI. Dalam hasil hitung cepat berbagai lembaga survei menunjukkan jika paslon nomor urut tiga, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno berhasil unggul dengan perolehan suara mencapai 58 persen.

“Kita semua sudah mentradisikan bahwa hasil hitung cepat itu sebagai acuan. Tentunya, siapa pun yang nantinya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pemenang, pasti pemerintah dalam hal ini Presiden dan Wakil Presiden akan bisa bekerja sama dengan baik,” ujar Pramono yang ditemui di Istana Negara.

Hal ini seolah mengembalikan De Javu ketika Anies Baswedan menjadi juru bicara Jokowi dalam Pemilu Presiden 2014 lalu. Anies kemudian mendapat kursi menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Tetapi, hanya dalam kurun waktu satu tahun lebih posisinya digantikan Muhadjir Effendy.

Hingga saat ini publik masih bertanya-tanya apa penyebab Jokowi menggeser Anies dari posisi Menteri. Pasalnya, di mata publik kinerja mantan rektor Universitas Paramadina itu dinilai baik.

Hubungan Anies dan Jokowi pun sempat dikabarkan tegang usai reshuffle jilid pertama. Tetapi, Pramono mengatakan ini bukan kali pertama Jokowi diharuskan bekerja sama dengan individu yang berseberangan darinya.

“Bahkan, ada beberapa menteri yang dahulu dan secara terbuka tidak mendukung Beliau dan tetap bisa bekerja sama dengan baik. Inilah tipe Presiden kita,” kata dia. - Rappler.com