Berita hari ini: Sabtu, 10 Juni 2017

Hallo pembaca Rappler!

Pantau terus laman ini untuk memperbarui berita terbaru pilihan redaksi Rappler Indonesia pada Sabtu, 10 Juni 2017.

Setya Novanto tak ingin ikut campur soal hak angket KPK

Aksi Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam memberantas penangkapan ikan secara ilegal kembali menuai pujian dari dunia internasional. Kali ini pujian datang dari aktor dan aktivis lingkungan hidup Leonardo Dicaprio.

Pujian itu disampaikan dalam acara World Oceans Day 2017 di kantor PBB New York yang diadakan pada Kamis kemarin. Leo memang tidak hadir langsung di acara itu. Tetapi, dia mengirimkan pesan dalam bentuk video.

Pujian mulai dilontarkan Leo ketika video memasuki menit keempat. Saat itu, aktor pemeran utama film Titanic itu menyinggung sepak terjang Susi dalam menjaga laut di Indonesia.

“Beberapa waktu lalu, sekitar 10.000 kapal secara ilegal masuk ke Indonesia dan mengambil ikan di perairan Indonesia. Ini membuat nelayan lokal terkena dampak buruknya,” kata Leo.

Tetapi, Leo melanjutkan, Menteri Perikanan Susi berusaha memberantas kegiatan ilegal itu.

“Dia menjadi pemimpin yang mengarah ke era pengelolaan perikanan yang transparan,” tutur dia.

Transparan yang dimaksud Leo yakni upaya Susi memberikan data kapal di Indonesia agar bisa diakses oleh Global Fishing Watch. Sehingga, pergerakan dari kapal-kapal itu bisa dilacak secara langsung. Selengkapnya baca di sini. - Rappler.com