Aksi kerelawanan untuk menyelesaikan masalah sosial di Indonesia

JAKARTA, Indonesia — Dalam rangka puncak kegiatan Bulan Relawan Nasional, diadakan pula Festival Relawan di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, pada Minggu, 18 Desember.

Festival Relawan merupakan perayaan dari relawan untuk relawan dalam Bulan Relawan Nasional yang telah diluncurkan pada 5 Desember lalu.

"Festival Relawan ini bertujuan untuk mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kerelawanan sebagai wadah kolaborasi dalam menyelesaikan masalah sosial di Indonesia," kata Ahmad Aziz, Community Engagement Officer Campaign.com, yang terlibat langsung dalam aktivitas kerelawanan di Indonesia.

Acara ini diinisiasi oleh Tim Aksi Baik yang terdiri dari Campaign.com, Indonesia Future Leaders, dan Indorelawan.org, serta didukung oleh Change.org Indonesia, Kementerian Sosial, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Komunitas Salihara, INDIKA Energy and 1000 Startup Digital. 

Ilham Dzikri, Program Manager Indonesia Future Leaders, mengatakan menjadi relawan merupakan kesempatan sangat baik untuk anak muda mengembangkan diri, karena selain melatih keterampilan, kegiatan kerelawanan menjadi sarana untuk anak muda melatih rasa empati mereka terhadap sesama.

Selain itu, dalam acara pembuakaan Festival Relawan, Indorelawan.org memberikan penghargaan kepada Yayasan Pemimpin Anak Bangsa dari Organisasi Relawan dan Untuk Relawan kepada Fahrul Herdiandika dari SOS Children Village Indonesia yang telah berapresiasi dalam kegiatan kerelawanan.

"Harapannya dengan memberi penghargaan kepada organisasi relawan maupun relawan perseorangan lintas sosial bisa mengajak masyarakat luas untuk semakin terlibat serta mendukung kegiatan kerelawan," kata Marsya Anggia, Direktur Indorelawan.org.

Dalam acara ini juga diadakan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kerelawanan, seperti 16 pameran organisasi dan proyek sosial, campaign dan project showcase, tiga workshop yang diberikan oleh organisasi berbasis kerelawanan, dan 3 diskusi panel, yaitu Kerelawanan Berbasis Keahlian Profesional, Teknologi untuk Perubahan, dan Anak Muda Jadi Relawan.

Sebagai tindak lanjut dari Festival Relawan ini, masyarakat diajak untuk mengetahui lebih banyak aksi kerelawanan serta komitmennya dan membagikan ide-ide apa saja yang akan dilakukan, yaitu dengan melakukan 10 jam perubahan sosial di tahun 2017 dengan tagar #10JamAksiBaik. —Rappler.com