Anies bertekad wujudkan keadilan sosial di Jakarta

JAKARTA, Indonesia — Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengatakan dirinya bersama Sandiaga Uno akan berusaha untuk mewujudkan keadilan sosial bagi masyarakat Jakarta. 

“Hari ini sebuah amanat besar diletakan di pundak kami berdua, amanat yang harus kami tangung jawabkan di akhierat. Hari ini penanda awal perjuangan dalam menghadirkan keadilan,” kata Anies dalam pidato politik pertamanya di Balai Kota, Senin malam, 16 Oktober 2017.

Anies mengatakan, untuk mememastikan keadilan sosial itu terwujud, maka seluruh masyarakat Jakarta harus bersatu. Ia berharap kelompok-kelompok yang sempat bercerai-berai kembali merapatkan barisan.

“Ikatan yang kemarin sempat tercerai, mari kita ikat kembali, kita rajut kembali, kita kumpulkan energi yang terserak menjadi energi yang terkumpul untuk membangun kota ini bersama,” katanya.

Anies juga mengajak semua elemen pemimpin di Jakarta untuk bersama-sama membangun Jakarta. “Hadirlah untuk menghibahkan waktu, tenaga, keringat, untuk kemajuan kota Jakarta,” katanya.

Selain mewujudkan keadilan sosial, Anies juga akan mewujudkan cita-cita bangsa untuk mencerdaskan anak bangsa. “Di ibukota harus ada ikhtiar mencerdaskan bangsa,” katanya.

Anies juga bertekad menjadikan ibukota sebagai kota yang mengaplikasikan nilai-nilai Pancasila. “Di kota ini Pancasila harus mengejewantah, setiap silanya harus terasa dalam keseharian,” katanya.

Selain itu Anies juga mengingatkan jika Indonesia bukan berdasarkan satu agama. Tapi, katanya,  “Indonesia juga bukan negeri yang alergi terhadap agama.” —Rappler.com