Ayo berwisata ke Pulau Komodo!

LABUHAN BAJO, Indonesia – Siapa yang tidak mengenal Pulau Komodo? Destinasi wisata ini sudah dikenal namanya hingga di telinga turis mancanegara. 

Untuk bisa menjangkau ke sana dibutuhkan waktu sekitar 1,5 - 2 jam dengan menggunakan kapal bermotor. Taman tersebut dibangun sejak tahun 1980 untuk melindungi komodo dan habitatnya yang tergolong sebagai fauna khas Indonesia yang langka.

Atraksi utama yang menggaet pengunjung ke kawasan ini adalah melihat Komodo Dragon yang memiliki nama latin Varanus Komodoensis. Di seluruh dunia hewan asli Indonesia ini diperkirakan hanya tersisa 3.000 ekor. Hampir semuanya ada di Pulau Komodo dan Pulau Rinca di Taman Nasional Komodo (TNK).

Sejak lama, Komodo menjadi warisan dunia UNESCO dan kian populer sejak masuk New Seven Wonder pada tahun 2013. Pertambahan wisatawan ke kawasan ini sejak saat itu meningkat. 

Selain Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pink Beach, kawasan ini juga memiliki daya tarik baru, yakni Pulau Padar. Ada tiga pulau besar dan 26 pulau-pulau kecil di sana.

“Kebetulan berbarengan dengan meningkatnya frekuensi penerbangan lewat bandara Labuhan Bajo yang diperkirakan 26 kali penerbangan sehari, turun-naik. Sebelum New Seven Wonder, pengunjung tertinggi 12 ribu satu tahun. Setelah 2013, kita alami kenaikan berturut-turut, bahkan sekarang sudah mencapai 80 ribu orang. Publikasi meluas dari status New Seven Wonder hingga datangkan wisatawan mancanegara,” kata Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Dula, kepada Rappler yang berkunjung ke sana beberapa waktu lalu. 

Agustinus juga berharap agar kedatangan wisatawan dapat meningkatkan perekonomian rakyat dan ekonomi produktif, juga turut tingkatkan  PAD (Pendapatan Asli Daerah). 

 “Sekarang PAD sudah naik signifikan. Target pada 2016, Rp 80 miliar, berhasil dicapai Rp 97 miliar. Pada 2018, bukan tidak mungkin mencapai ratusan miliar rupiah,” ujarnya.

Labuhan Bajo menjadi salah satu dari 10 tujuan utama destinasi pariwisata yang dicanangkan Pemerintahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

Ayo berkunjung ke Pulau Komodo. Kalian bisa menggunakan kupon PegiPegi di sini!

 

—Rappler.com