Berwisata sekaligus belajar di Jakarta Aquarium

JAKARTA, Indonesia — Berlokasi di Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Jakarta Aquarium hadir menjadi salah satu tujuan wisata bagi Anda yang ingin melepas penat dari hiruk-pikuk Ibukota. Jakarta Aquarium menjadi salah satu area konservasi satwa yang bekerjasama dengan Taman Safari Indonesia dalam merayakan ulang tahunnya yang ke-30.

Tiap harinya, hampir lebih dari 1.000 masyarakat dari berbagai macam daerah serta negara datang berkunjung. Tidak hanya orang dewasa saja, namun tempat ini menarik perhatian bagi anak kecil.

Bagaimana tidak? Di sini pengunjung tidak hanya sekedar melihat hewan namun bisa sekaligus belajar. Dengan metode interactive learning yang disediakan oleh Jakarta Aquarium, pengunjung dapat mengetahui informasi tentang hewan yang dilihat dengan cara yang menyenangkan.

Berikut beberapa fakta tentang Jakarta Aquarium:

Dibagi menjadi 12 bagian

Anda tidak akan merasa bosan jika berada di sini karena akan ada banyak hal untuk dilihat. Anda dan keluarga bisa mengetahui bagaimana keadaan di bawah laut sampai keadaan hutan mangrove di tempat ini. Hewan yang ditampilkan pun berbeda-beda di setiap bagian.

Hewan darat

Jakarta Aquarium memiliki 600 jenis spesies hewan dan mungkin Anda menyangka bahwa yang akan dilihat di sini hanyalah hewan-hewan yang hidup di laut seperti ikan, namun nyatanya tidak. Di sini, pengunjung bisa melihat jenis hewan yang hidup di darat juga, seperti ular, komodo, berang-berang, dan lain-lain.

Sesuai habitat asli

Semua hewan yang ada di Jakarta Aquarium diberikan tempat tinggal sesuai seperti habitat aslinya. Misalnya, tempat tinggal ular phyton yang ada di Jakarta Aquarium sudah didesain seperti habitat aslinya dengan suhu yang sama pula. Jadi hewan tetap merasa seperti di habitat aslinya.

Interactive learning

Dengan high technology yang sudah dikembangkan oleh Jakarta Aquarium, pengunjung tidak akan bosan menggali informasi mengenai hewan-hewan yang ada. Di setiap akuarium disediakan tab berisikan informasi mengenai hewan yang sedang dilihat. Pengunjung dapat mengaksesnya dalam dua bahasa yang berbeda, yaitu Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Pengunjung juga bisa memperoleh informasi mengenai hewan yang sedang dilihat lewat handphone masing-masing dengan mengunduh terlebih dahulu aplikasi Jakarta Aquarium di App Store. Di dalam aplikasi terdapat informasi serta maps dari Jakarta Aquarium yang akan sangat membantu jika terlewat melihat suatu bagian.

Beragam aktivitas

Tidak hanya melihat, namun pengunjung juga bisa berinteraksi dengan hewan-hewan yang ada di sini. Anda bisa memegang beberapa hewan laut seperti siput, bintang laut, hiu bamboo, dan hewan yang lainnya di Touch Pool.

Pengunjung bisa melihat aktivitas dari berang-berang di bagian eksibit berang-berang. Anda juga bisa membuat ikan versi Anda sendiri (Create Your Own Fish) di bagian Kid’s Classroom. Ikan yang sudah dibuat nantinya bisa dibawa pulang dalam bentuk t-shirt.

Pertunjukan dan atraksi

Pengunjung juga dapat merasakan rasanya berada di kapal selam di sini. Dengan wahana Sea Explorer yang menggunakan teknologi 5D anda bisa merasakan pengalaman seperti berada di bawah kapal selam dan melihat kehidupan di bawah laut. Dari hari Selasa hingga Minggu, And juga bisa menyaksikan pertunjukan kisah Ratu Pantai Selatan yang berdurasi 25 menit.

Tertarik untuk merasakan pengalaman mengunjungi Jakarta Aquarium? Jangan lupa share pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini ya! —Rappler.com