BNPB: Oknum tertentu sengaja buat informasi hoax mengenai letusan Gunung Agung

BNPB pun menyarankan agar masyarakat secara reguler mengecek ke kanal resmi yang mereka luncurkan seperti di situs magma.vsi.esdm.go.id atau menghubungi pos pengamatan Gunung Agung di nomor 0813 211 00319.

Status Gunung Agung dinaikan menjadi awas (level 4) pada Jumat, 22 September. Sutopo mengklarifikasi bahwa aktivitas Gunung Agung hingga saat ini masih berupa dorongan magma dari dalam tubuh gunung.

“Meletus atau tidaknya gunung, tergantung dari kekuatan dorongan magma yang mampu mendorong sumbat lava di puncak,” katanya.

Namun jika ditelusuri melalui gambar satelit yang dirilis oleh BNPB, memang terdapat inflasi penggembungan tubuh gunung. Hal ini terpantau sejak Agustus 2017.

Sementara, akibat status Gunung Agung yang dinaikan menjadi awas, sebagian masyarakat Bali yang bermukim di sekitar area tersebut memilih untuk mengungsi. Data dari BNPB menunjukkan ada 34.931 jiwa yang mengungsi di 238 titik.

“Jumlah pengungsi sering berubah, karena pada siang hari sebagian warga kembali ke rumah untuk memberikan makan ternaknya. Pada sore atau malam hari, mereka kembali ke tempat pengungsian lagi,” kata Sutopo. - Rappler.com