5 hal mengenai aktris Julia Perez

JAKARTA (UPDATED) – Lahir dengan nama Yuli Rachmawati, Julia Perez kali pertama dikenal di Indonesia lewat penampilannya yang sensual. Tetapi, Jupe, begitu biasa disapa, berhasil melepas image sensual itu dan juga dikenal sebagai penyanyi dangdut, komedian, presenter dan belakangan sebagai seseorang yang sangat dicintai sahabat-sahabatnya.

Berikut adalah fakta-fakta tentang Julia Perez:

Awal karier

Lahir di Jakarta, 15 Juli 1980, Julia Perez tentu tidak langsung mengawali kariernya sebagai pesohor dunia hiburan. Jupe adalah seorang sarjana hukum lulusan Universitas Bung Karno yang meniti karier lewat kerja kantoran sebagai sekretaris di sebuah perusahaan swasta.

Tak puas dengan pekerjaannya, ia pergi ke Belanda untuk mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Kepergiannya ke Eropa membuat Julia Perez fasih berbahasa Perancis, Inggris dan empat bahasa lainnya.

Kisah cinta yang menjadi sorotan

Tak disangka, kepergiannya ke Belanda justru mempertemukan Jupe dengan pria yang menjadi suaminya, Damien Perez, seorang lelaki asal Perancis. Setelah menikah dengan Damien di tahun 2002, barulah Jupe mendapatkan kontrak-kontrak pertamanya sebagai model untuk majalah dewasa, FHM dan Maxim di Perancis.

Pada tahun 2009, ketika masih berstatus sebagai istri Damien, Jupe dikabarkan dekat dengan seorang pesepak bola Persiba kala itu, Gaston Castaño. Pernikahan Julia dengan Damien pun harus kandas.

Tak sampai disitu, ia dikabarkan harus membayar Rp 1 milliar per tahun jika tetap ingin menggunakan nama ‘Perez’ sebagai nama panggungnya. 

Usai berpisah dari Damien, Jupe akhirnya bertunangan dan bahkan menikah secara siri dengan Gaston. Sejak awal keluarga Jupe sudah keberatan putrinya dekat dengan pemain sepak bola. 

Namun, Jupe sempat bergeming. Bahkan, saking sayangnya kepada Gaston, Jupe pernah memberikan kado Natal berupa mobil mewah Dodge Journey Platinum kepada pria asal Argentina itu.

"Aku kalau suka, sayang, aku suka ngasih sesuatu sebagai bentuk cinta ke pasangan kita," kata Jupe yang ditemui media tahun 2015 lalu. Saat itu hubungannya dengan Gaston yang telah terjalin enam tahun malah kandas di tengah jalan. 

Tetapi, rupanya tanpa disengaja Jupe justru keceplosan dan mengaku pernah menikah secara siri dengan Gaston di Pulau Bali. 

"Enggak ada yang tahu (saya menikah siri). Eh, astaghfirullah (keceplosan)," tutur Jupe ketika ditanya media tahun 2015 lalu. 

Hampir terjun ke politik

Pada tahun 2010, nama Julia Perez secara mengejutkan masuk ke bursa calon bupati Pacitan, Jawa Timur. Meski begitu, menurut koordinator koalisi partai yang mengusung Jupe pada saat itu, Sutikno, dia hanya ingin menjadi Wakil Bupati.

Jupe sendiri pun merasa bingung mengapa dirinya bisa
terpilih sebagai kandidat wakil bupati Pacitan di mana dirinya sendiri tidak berasal dari kabupaten tersebut. Seperti yang sudah diprediksi, dirinya gagal mendapatkan posisi tersebut.

Di luar prediksi banyak orang, masuknya nama Julia Perez ke bursa calon bupati Pacitan, menurut Sutikno, justru menyita pemberitaan dari luar negeri.

Peduli terhadap sesama

Pada tahun 2015, Julia Perez mengaku tersentuh akan aksi seorang penggemar yang menemuinya setelah tampil di Papua. Dari percakapan yang ia dengan seorang penggemar tersebut, Julia Perez mengutarakan keinginannya untuk membantu warga sekitar membangun sebuah masjid.

Ia pun melakukan penjualan mobil Range Rover keluaran tahun 2008 miliknya yang hasilnya akan disumbangkan untuk pembangunan masjid di Papua. Setelah divonis mengidap kanker mulut rahim pada tahun 2014 dan sempat dinyatakan sembuh pada tahun 2015, Julia Perez sering datang menghibur pasien-pasien penderita kanker di rumah sakit Dharmais.

Ia juga pernah membotaki kepalanya guna menunjukkan solidaritas kepada penderita kanker, terutama para perempuan. Sayang, tepat di bulan Ramadan 2017, Jupe harus menyerah terhadap penyakit kanker serviks yang menggerogotinya. Sabtu, 10 Juni dia menghembuskan nafas terakhir di RS Cipto Mangunkusumo pukul 11:12 WIB. 

Dikelilingi banyak sahabat

Mulai dari keputusannya untuk menyertakan alat kontrasepsi di albumnya yang berjudul Kamasutera hingga perseteruannya dengan Dewi Persik dan juga Nikita Mirzani, nama Julia Perez memang selalu lekat dengan sensasi dan kontroversi. Meski begitu, Jupe adalah seseorang yang jauh lebih dari sekadar pencari sensasi.

Rasa toleransi dan kepedulian Julia Perez terhadap sesama membuatnya memiliki banyak sahabat. Ketika ia terbaring sakit berjuang melawan penyakit kanker mulut rahim, dukungan mengalir deras bagi Jupe.

Banyak orang yang menjenguk mulai dari sahabat seprofesi seperti Ruben Onsu, Raffi Ahmad, Jessica Iskandar, dan Nagita Slavina sampai dengan politisi seperti Ahok, Djarot, Kepala BNN, Budi Waseso, dan tokoh-tokoh lain seperti Mario Teguh dan Ustadz Al- Habsyi. - Rappler.com

BACA JUGA: