5 hal tentang Bill Skarsgård, badut menyeramkan di film 'IT'

JAKARTA, Indonesia —Film IT dikabarkan menjad film horor terlaris dalam waktu tiga hari penayangannya. Kesuksesan ini tentu tak terlepas dari penampilan cemerlang aktor-aktor di belakangnya.

Salah satunya adalah Bill Istvan Günther Skarsgård yang merupakan aktor asal Swedia. Kini namanya melejit sesudah memerankan Pennywise the Dancing Clown dalam film IT.

 

Simak beberapa fakta menarik mengenai aktor di balik riasan badut menyeramkan itu.

Tidak suka film horor

Meski memerankan badut seram bernama Pennywise dalam film horor hasil adaptasi novel Stephen King, Bill sendiri tidak begitu gemar menonton film horor. Sejak kecil, ia tidak pernah suka ditakut-takuti maka Bill menjauhi film-film horor. Film favoritnya adalah film bergenre action asal Korea Selatan dengan judul Oldboy (2003).

Berasal dari keluarga aktor

Bill memiliki 7 saudara dan setengahnya berprofesi sebagai aktor. Bisa dibilang bahwa profesi aktor adalah salah satu prioritas dalam keluarganya.

Lelaki berusia 27 tahun ini adalah adik dari Alexander Skarsgård, aktor yang berperan dalam film The Legend of Tarzan (2016) dan film serial Big Little Lies (2017). Selain itu, Bill adalah putra dari aktor terkenal, Stellan Skarsgård yang sudah menorehkan nama di industri perfilman dunia. Sebut saja beberapa film yang dibintanginya seperti Good Will Hunting (1997), Thor (2011), The Girl with the Dragon Tattoo (2011), Angels & Demons (2009), dan Mamma Mia! (2008).

Seumuran dengan novel It

Bill Skarsgård sendiri lahir pada 9 Agustus 1990, dan uniknya novel IT karya Stephen King juga diterbitkan di tahun yang sama. Atas adaptasi dari novel itulah Bill berperan sebagai karakater utamanya, Pennywise.

Untuk mendalami peran dan mempelajari karakternya, Bill membaca novel IT hingga tuntas. Ia menuntaskan novel setebal 1.200 halaman itu dalam waktu 10 hari.

Riset lainnya yang ia lakukan adalah ia juga menonton film seri IT yang dirilis pada 1990. Kala itu, karakter Pennywise diperankan oleh Tim Curry.

Sukses karena film Simple Simon

Lelaki ini memulai debutnya dengan membintangi film White Water Fury (2000) saat ia masih berusian 10 tahun. Namun, Bill baru benar-benar mencuri perhatian kala berperan sebagai Simon dalam film Simple Simon (2010).

Akibat ulasan positif dan penampilan Bill dalam film bergenre drama tersebut, ia mendapatkan nominasi Guldbagge Award pada 2011. Kala itu, Bill baru berusia 21 tahun.

Setelah itu Bill mulai mewarnai layar kaca, salah satunya adalah film Allegiant (2016), salah satu film terbesarnya dalam debutnya di Amerika Serikat.

Bukan pilihan pertama

Ternyata Bill Skarsgård bukanlah pilihan utama untuk memerankan Pennywise. Awalnya, aktor Will Poulter adalah nama yang diusung untuk mengisi karakter antagonis tersebut.

MENYERAMKAN. Bill sukses bertransformasi lewat penampilan dan aktingnya sebagai badut Pennywise di film 'IT'. Foto dari akun Instagram @itmovieofficial

MENYERAMKAN. Bill sukses bertransformasi lewat penampilan dan aktingnya sebagai badut Pennywise di film 'IT'.

Foto dari akun Instagram @itmovieofficial

Cary Fukunaga seharusnya menjadi sutradara film IT, tetapi karena adanya perbedaan, ia meninggalkan proyek film tersebut. Karena hal itu, proyek film IT tertunda cukup lama dan itulah yang membuat Will terpaksa meninggalkannya.

Setelah Cary keluar, Andres Muschietti menjadi sutradara penggantinya dan ialah yang menarik Bill untuk berperan sebagai Pennywise dalam film IT. Rappler.com