5 hal tentang Harvey Weinstein

JAKARTA, Indonesia —Pada 5 Oktober lalu, The New York Times menerbitkan berita yang mengekspos tindakan pelecehan seksual yang dilakukan selama bertahun-tahun oleh Harvey Weinstein. Harvey, yang merupakan produser film asal Amerika, diduga telah menggunakan kekuasaannya dengan cara tidak senonoh.

Beberapa aktris kenamaan Hollywood seperti Meryl Streep, Angelina Jolie, dan Gwyneth Paltrow telah menyuarakan kemarahan dan kekecewaan mereka terhadap tindakan tercela Harvey.

Mulai dari awal karier, karya, hingga pernikahan, berikut adalah beberapa fakta mengenai Harvey Weinstein yang dapat disimak.

Bermula dari musik

Pada akhir tahun 1970-an, Harvey bersama saudaranya, Bob, mendirikan perusahaan kecil yang berfokus pada distribusi film independen dengan nama Miramax. Perusahaan ini mereka dirikan di atas keuntungan bisnis promosi konser yang Harvey jalankan dengan kawannya sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia produksi film.

Pada tahun 2005, Harvey dan Bob meninggalkan Miramax untuk membentuk perusahaan produksi baru yang dinamakan The Weinstein Company.

Pemenang Academy Award tahun 1998

Harvey memproduksi film Shakespeare in Love (1998) dan menang di ajang Academy Award untuk kategori Best Picture. Film romansa ini turut dibintangi oleh Gwyneth Paltrow, Joseph Fiennes, dan aktris senior, Judi Dench.

Film ini bercerita mengenai Shakespeare saat muda yang sedang kehabisan ide dan kemudian bertemu dengan wanita idamannya.

Menikah dengan perancang busana

Georgina Chapman adalah seorang perancang busana asal London dan merupakan co-founder dari label Marchesa. Georgina juga merupakan mantan model dan telah beberapa kali muncul menjadi juri dalam acara televisi Project Runway, yang diproduksi oleh Harvey. Istri kedua Harvey ini menikahi dengannya pada 2007 dan hingga kini memiliki dua anak.

Terkait kasus yang tengah membelit suaminya, seperti diberitakan oleh BBC, Georgina mengatakan bahwa tindakan Harvey tidak dapat dimaafkan.

“Hati saya hancur untuk semua wanita yang telah tersiksa karena perbuatan-perbuatan yang tidak dapat dimaafkan ini,” ujar wanita berusia 41 tahun ini seperti dilansir oleh People.

Memproduksi banyak film terkenal

Harvey Weinstein merupakan nama yang dikenal di Hollywood karena merupakan salah satu produser atau produser eksekutif yang memiliki banyak karya. Beberapa film yang ia produksi bahkan mendapatkan nominasi di Academy Awards seperti Pulp Fiction (1994), Good Will Hunting (1997), Inglourious Basterds (2009), dan The Lord of The Rings: Fellowship of the Ring (2001).

Majalah TIME pun pernah menamakannya sebagai salah satu dari 100 orang paling berpengaruh pada tahun 2012.

Pendukung Partai Demokrat

Harvey merupakan penyumbang besar bagi partai Demokrat saat berada di bawah kepemimpinan Barrack Obama. Bahkan anak tertua Obama, Malia, bekerja sebagai pegawai magang di The Weinstein Company yang berlokasi di New York pada awal tahun 2017.

Dukungannya bagi Demokrat terus berjalan ketika Harvey juga mendonasikan dana bagi kampanye calon presiden Hillary Clinton di tahun 2016 silam. —Rappler.com