Film 'Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak' menuai respon positif di 'TIFF 2017'

JAKARTA, Indonesia —Sutradara wanita Mouly Surya, membanggakan nama bangsa karena berhasil mewakili Indonesia lewat film Marlina Si Pembunuh Dalam Empat Babak (Marlina the Murderer in Four Acts) di ajang festival film kelas dunia, Toronto International Film Festival (TIFF) 2017.

Tak hanya itu saja, film yang dibintangi oleh Marsha Timothy ini mendapatkan ulasan dan respon positif dari berbagai media internasional setelah pemutaran perdananya di TIFF 2017.

Indiewire memuji film ketiga Mouly Surya ini dengan berkata bahwa Marlina the Murderer in Four Acts merupakan karya yang secara berkelas menceritakan mengenai pembalasan dendam seorang wanita.

Highonfilms.com pun memuji film ini dari beberapa sisi antara lain sinematografi, aransemen musik dan akting sang pemeran utama, Marsha Timothy.

Film yang mendapatkan rating 86% fresh dari Rotten Tomatoes ini mengajak penontonnya untuk mengikuti perjalanan Marlina yang mencari penebusan, keadilan, dan kekuatan baru.

Cerita Marlina the Murderer in Four Acts berlatar tempat di padang sabana Sumba, Indonesia. Rumah seorang janda bernama Marlina (Marsha Timothy) didatangi sekawanan tujuh perampok yang mengancam harta, nyawa, dan kehormatannya. Dalam upaya mencari keadilan dan penebusan, Marlina memenggal kepala dari pimpinan kawanan perampok tersebut. 

Karakter Marlina dilihat sebagai simbolisasi kekuatan dan independensi wanita yang melawan agenda ideologi umum. Karena itu, Marlina the Murderer in Four Acts memiliki suasana macho, meskipun memiliki karakter utama seorang wanita.

Film ini turut dibintangi oleh Egi Fedly, Dea Panendra, dan Yoga Pratama.

—Rappler.com