FOTO: Bukit Duri kembali mendapat banjir kiriman

JAKARTA, Indonesia - Area Bukit Duri kembali mendapat banjir kiriman pasca area Bogor diguyur hujan deras. Akibatnya sebanyak 7.788 orang atau 3.393 kepala keluarga terkena dampaknya.

Berdasarkan data sementara yang dihimpun oleh Pusdalops BPBD DKI Jakarta tercatat banjir merendam permukiman di bantaran Sungai Ciliwung dan sebagian Kali Cipinang.

“Artinya tempat tinggal warga terendam banjir dengan ketinggian yang bervariasi antara 10 hingga 150 centimeter. Daerah yang terendam banjir yakni di Jakarta meliputi Kecamatan Ciracas (Kelurahan Cibubur dan Kelurahan Rambutan), Kecamatan Kramat Jati (Kelurahan Cilitan dan Kelurahan Cawang), dan Kecamatan Jatinegara (Kelurahan Kampung Melayu dan Kelurahan Bidara Cina),” ujar Kepala Pusat Data Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan tertulis pada Kamis, 16 Februari.

Daerah yang cukup parah terendam banjir dan mencapai ketinggian 150 centimeter adalah Kelurahan Cawang dengan 1.188 KK atau 3.896 terdampak banjir. Sedangkan, di Kelurahan Kampung Melayu juga terendam banjir hingga ketinggian 100 centimeter mencapai 1.456 jiwa.

“Sejauh ini belum ada laporan soal pengungsi, sebab sebagian banjir telah surut. Kondisi sungai di Jakarta saat ini normal dan berada di siaga 3,” kata Sutopo.

Walaupun belum ada pengungsi, tetapi banjir di area mereka menganggu aktivitas warga. Bahkan, SMA 8 terpaksa meliburkan sekolah karena lantai satu sekolah sempat dipenuhi air banjir. 

Berikut beberapa foto yang menunjukan kondisi banjir di sebagian area ibukota:

- Rappler.com