FOTO: Suasana salat Ied dari pelabuhan hingga ke lapas

JAKARTA, Indonesia - Sejak pagi tadi, ratusan juta umat Muslim di seluruh Indonesia mendatangi masjid dan tempat terbuka lainnya untuk menunaikan salat Idul Fitri. Setelah melalui bulan Ramadan dengan berpuasa, tiba saatnya umat Muslim merayakan kemenangan dan bersilaturahmi kepada keluarga.

Namun, dalam Ramadan ini seolah terasa berbeda, karena dijalankan usai Indonesia melalui pemilihan kepala daerah yang begitu sengit. Isu agama kental digunakan untuk bisa meraih simpati publik dan suara. Akhirnya, sempat terjadi perang argumen yang sengit di dunia maya.

Bahkan, di dunia nyata ramai terjadi aksi persekusi. Itu sebabnya, isu toleransi menjadi sorotan dalam Idul Fitri tahun ini. Ketika Gereja Katedral menggeser jadwal misa mereka, hal itu mendapat sambutan positif dari publik.

Mereka diingatkan bahwa begitu lah kehidupan warga di Indonesia. Walau terdapat pemeluk agama dan kepercayaan yang berbeda, sebagian besar bisa hidup berdampingan secara harmonis.

Lalu, bagaimana suasana salat Idul Fitri yang dilakukan pagi tadi di seluruh daerah di Indonesia? Berikut beberapa foto yang menggambarkan suasana tersebut yang diambil dari kantor berita ANTARA:

JOKOWI SALAT IED. Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

JOKOWI SALAT IED. Presiden Joko Widodo (ketiga kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla usai melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 Hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Puspa Perwitasari/ANTARA

SALAT PELABUHAN. Umat muslim menuaikan Salat Idulfitri 1438 H di halaman Masjid AL-Mabrur, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Zabur Karuru/ANTARA

SALAT PELABUHAN. Umat muslim menuaikan Salat Idulfitri 1438 H di halaman Masjid AL-Mabrur, Kenjeran, Surabaya, Jawa Timur, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Zabur Karuru/ANTARA

SUNDA KELAPA. Umat muslim di sekitar pelabuhan Sunda kelapa melaksanakan salat Idul Fitri 1438 H, di pelataran pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

SUNDA KELAPA. Umat muslim di sekitar pelabuhan Sunda kelapa melaksanakan salat Idul Fitri 1438 H, di pelataran pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Reno Esnir/ANTARA

GUMUK PASIR. Umat muslim melakasanakan salat Idul Fitri 1438 H di Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Andreas Fitri Atmoko/ANTARA

GUMUK PASIR. Umat muslim melakasanakan salat Idul Fitri 1438 H di Gumuk Pasir Parangkusumo, Bantul, DI Yogyakarta, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Andreas Fitri Atmoko/ANTARA

LAPAS. Warga binaan mengikuti salat Idul Fitri di Lapangan Rutan Cipinang, Jakarta, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

LAPAS. Warga binaan mengikuti salat Idul Fitri di Lapangan Rutan Cipinang, Jakarta, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Wahyu Putro A/ANTARA

SILATURAHMI. Warga Suryadharma Ali (kiri) bersilaturahmi dengan warga binaan lainnya udai melaksanakan salat Idul Fitri 1438 H di Lapas Klas IA Sukamiskin Bandung, Jawa Barat, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Novrian Arbi/ANTARA

SILATURAHMI. Warga Suryadharma Ali (kiri) bersilaturahmi dengan warga binaan lainnya udai melaksanakan salat Idul Fitri 1438 H di Lapas Klas IA Sukamiskin Bandung, Jawa Barat, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Novrian Arbi/ANTARA

RIBUAN UMAT MUSLIM SALAT. Foto aerial ribuan umat muslim mengikuti salat Idul Fitri 1438 H di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 25 Juni. Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

RIBUAN UMAT MUSLIM SALAT. Foto aerial ribuan umat muslim mengikuti salat Idul Fitri 1438 H di Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu, 25 Juni.

Foto oleh Sigid Kurniawan/ANTARA

- Rappler.com