Empat kali berturut-turut Garuda Indonesia dinobatkan jadi “World’s Best Cabin Crew”

JAKARTA, Indonesia - Di tengah pusara rumor yang menyebut bahwa Garuda Indonesia ada di ambang kebangkrutan, maskapai pelat merah itu masih bisa meraih prestasi. Dalam acara Skytrax World Airline Award, Garuda Indonesia dinobatkan sebagai maskapai dengan awak kabin terbaik di dunia.

Ini menjadi penghargaan serupa yang diraih Garuda Indonesia selama empat tahun berturut-turut sejak tahun 2014 lalu. Selain itu, Garuda Indonesia juga kembali masuk ke jajaran “Top 10 Global Airlines” bersama maskapai bergengsi lainnya.

CEO Skytrax Edward Plaisted memberikan sendiri penghargaan tersebut kepada Direktur Utama Garuda Indonesia Pahala N. Mansury pada Selasa, 20 Juni. Acara penghargaan itu bersamaan dengan penyelenggaraan Paris Air Show yang digelar di Paris, Perancis.

Pahala mengaku bangga bahwa maskapai yang dipimpinnya bisa mempertahankan prestasi tersebut.

“Penghargaan ini merupakan bukti nyata dari komitmen yang berkelanjutan dan kerja keras dari karyawan-karyawati Garuda Indonesia, khususnya para awak kabin yang telah mempresentasikan layanan terbaik Garuda Indonesia Experience kepada seluruh pengguna jasa,” ujar Pahala dalam keterangan tertulis pada Rabu, 21 Juni.

Dia mengaku tantangan ke depan akan semakin berat, karena mempertahankan predikat bergengsi itu tidak mudah. Garuda Indonesia ditetapkan sebagai awak kabin terbaik berdasarkan penilaian survei kepuasan para pelanggan yang dilakukan oleh Skytrax.

Survei itu melibatkan lebih dari 18 juta penumpang dan dilaksanakan terhadap lebih dari 245 perusahaan. Ada 41 aspek utama terkait produk dan layanan yang diberikan oleh perusahaan penerbangan.

Sementara, CEO Skytrax Edward Plaisted mengatakan penghargaan awak kabin terbaik merupakan salah satu predikat paling bergengsi di dunia penerbangan.

“Keberhasilan Garuda Indonesia dalam mempertahankan predikat ini selama empat tahun berturut-turut merupakan suatu hal yang luar biasa. Garuda Indonesia telah membuktikan wujud konsistensi dalam memberikan kesempurnaan dalam pelayanan kepada seluruh penumpang,” kata dia.

Sejajar dengan maskapai dunia

PENGHARGAAN. Maskapai Garuda Indonesia kembali diganjar penghargaan sebagai awak kabin terbaik di dunia. Foto diambil dari akun @IndonesiaGaruda

PENGHARGAAN. Maskapai Garuda Indonesia kembali diganjar penghargaan sebagai awak kabin terbaik di dunia.

Foto diambil dari akun @IndonesiaGaruda

Sementara, Garuda Indonesia berada di peringkat 10 dalam daftar “Top 10 Global Airlines”. Di atas maskapai nasional itu ada Hainan Airlines, Etihad Airways, Lufthansa, Eva Air, Cathay Pacifi, ANA All Nipon Airways, Singapore Airlines dan tertinggi Qatar Airways.

Dengan menjadi bagian dari aliansi global SkyTeam maka para penumpang Garuda bisa ikut dilayani oleh 19 anggota maskapai lainnya. Mereka memiliki jaringan global dengan frekuensi 17.343 penerbangan setiap harinya ke 1.062 destinasi di 177 negara. - Rappler.com