KH Hasyim Muzadi meninggal, Jokowi: "Sungguh, saya sangat kehilangan"

KH Hasyim Muzadi. Foto diambil pada 7 Juni 2013. Foto oleh Widodo S. Jusuf/ANTARA

KH Hasyim Muzadi. Foto diambil pada 7 Juni 2013. Foto oleh Widodo S.

Jusuf/ANTARA

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo turut merasakan duka atas wafatnya KH Hasyim Muzadi. Kesedihan tersebut ia tuangkan di laman Facebook miliknya.

“Sungguh, saya sangat kehilangan. Semoga almarhum Kiai Hasyim Muzadi beroleh tempat nan lapang di sisiNya,” tulis Presiden Jokowi di akun resmi Facebooknya, Kamis 16 Maret 2017.

KH Hasyim Muzadi meninggal pada Selasa pagi, 16 Maret 2017, sekitar pukul 06:15 WIB. Ia sebelumnya pernah dirawat selama beberapa hari di rumah sakit di Kota Malang.

Presiden Jokowi sempat menjenguk KH Hasyim Muzadi di kediamannya di Malang pada Rabu, 15 Maret kemarin. Sehari kemudian, ia mendengar kabar KH Hasyim meninggal.

Presiden Jokowi mengatakan KH Hasyim Muzadi adalah ulama sekaligus penjaga kebhinekaan yang kokoh berpegang pada NKRI. “Hidupnya didedikasikan untuk agama dan bangsanya,” tulis Jokowi.

Jenazah KH Hasyim Muzadi rencananya akan dimakamkan di Depok, Jawa Barat, siang ini. Jenazah akan diberangkatkan dari Malang setelah zuhur. Wakil Presiden Jusuf Kalla akan memimpin upacara pemakaman. —Rappler.com