7 ide cara bertukar kado Natal

JAKARTA, Indonesia —Hari Natal tinggal menghitung pekan. Sejumlah persiapan pun dilakukan jelang perayaan Natal. Tak cuma menghias pohon Natal dan mempersiapkan hidangan bersama keluarga, Natal juga adalah momen yang tepat untuk berbagi kasih dalam bentuk bingkisan atau kado.

Tradisi saling bertukar kado saat Natal memang tak bisa dilewatkan. Di rumah bersama keluarga atau bersama teman dekat, atau di kantor bersama rekan kerja, kebiasaan bertukar kado Natal selalu ditunggu-tunggu jelang liburan Natal.

Seiring perkembangan tren, ide untuk mekanisme atau cara bertukar kado pun semakin berkembang untuk menjadikan momen tersebut semakin menarik. Seperti apa ragam ide untuk bertukar kado? Simak di bawah ini.

Musical chair

Ini adalah pengembangan dari permainan musical chair yang sudah lama dikenal. Setiap kali permainan ini digelar rasanya tak pernah bosan kan? Nah, bagaimana kalau menggabungkan permainan ini dengan tukar kado? Pasti lebih menarik lagi.

Caranya tetap sama, beberapa kursi atau bangku disusun (biasanya dalam bentuk lingkaran) dan masing-masing orang yang ikut serta berdiri di dekatnya. Tapi berbeda dengan musical chair biasanya, kali ini jumlah kursi harus serupa dengan jumlah pemain.

Musik dimainkan dan peserta berkeliling mengikuti irama dengan menunjukkan tarian terbaik mereka. Sesaat seetlah musik berhenti, peserta berhak mendapatkan kado yang ada di hadapannya.

Bedanya lagi, untuk menambah keriaan, cantumkan aksi atau perintah yang harus dilakukan seseorang jika ia berhenti di kursi tertentu, sebelum ia berhak mendapatkan kado tersebut!

Musical Chair #2

Masih dengan mekanisme yang serupa dengan permainan musical chair. Bedanya, kali ini semua peserta duduk di kursi masing-masing dengan membawa kado masing-masing pula.

Saat musik diputar, semua membawa serta kado dan berkeliling mengikuti irama. Ketika musik berhenti, semua duduk di kursi yang ada di dekatnya dan kemudian memberikan kadonya ke orang yang ada di sebelahnya (kiri atau kanan, bisa ditentukan sejak awal permainan). 

Setiap kali lagu berhenti, kado berpindah tangan lagi hingga lagu benar-benar usai. Usahakan tidak sampai berputar selingkaran penuh supaya pemilik asli sebuah kado tidak menerima kadonya kembali.

Berburu harta karun

Ingat kebiasaan berburu telur saat Paskah? Nah, mungkin ide serupa bisa diterapkan untuk ide acara tukar kado Natal tahun ini. Caranya, semua peserta berkumpul di ruangan atau area yang telah ditentukan, Nah, masing-masing akan diberikan petunjuk tentang lokasi kado yang sebelumnya telah disembunyikan panitia. 

Ingat, panitia harus lebih dulu memastikan bahwa setiap orang tidak akan menerima kado yang dibawanya sendiri, ya! 

Secret Santa

Ini cara yang cukup umum dilakukan tapi masih menarik setiap tahunnya. Caranya adalah dengan mengumpulkan nama-nama semua peserta dan menuliskannnya masing-masing dalam secarik kertas. Nantinya, semua peserta akan mengambil secara acak kertas bertuliskan nama-nama tersebut. Seseorang wajib memberikan kado Natal untuk nama yang tercantum di kertas yang dipilih.

Untuk menambah keseruan, ada baiknya kira-kira seminggu sebelum acara digelar, panitia membuat wish list untuk masing-masing peserta tukar kado supaya memberikan petunjuk bagi sang pemberi.

Ingat, sampai acara selesai, usahakan tidak membocorkan identitas pemberi kado, ya!

Tebak kado

Ini adalah cara yang tepat untuk menggabungkan permainan dan meriahnya pertukaran kado Natal. Prinsipnya sama saja seperti tebak gambar atau tebak kata. Tapi mekanismenya melibatkan kado Natal.

Caranya, semua kado dari peserta dikumpulkan di satu tempat. Saat acara berlangsung, secara bergiliran masing-masing peserta memilih kado yang mereka mau. Ada baiknya semua membungkus kado dengan cara dan material serupa agar lebih adil. 

Setelah memilih, sang pemilik kado juga maju ke depan dan keduanya akan memainkan permainan tebak kado. Sang pemilih kado diizinkan mengajukan pertanyaan soal petunjuk benda apa yang jadi kado yang dipilihnya. Batasi pertanyaan mungkin 5-10 saja. Sang pemilik kado akan menjawab pertanyaa-pertanyaan tersebut. Jika sang pemilih kado berhasil, maka kado itu akan jadi miliknya. 

Undian kado

Tak cuma sekadar bertukar kado biasa lewat undian, buatlah undian semenarik mungkin. Misalnya, menuliskan kertas undian dengan tantangan tertentu yang ahrus dilakukan sebelum bisa menerima kado.

Mekanismenya sederhana. Tentukan beberapa tantangan yang harus dilalui. Misalnya, tukar kado dengan pemilik nama yang dimulai dari huruf G atau tukar kado dengan seseorang yang mengenakan topi, atau yang lainnya. Nah, nanti kertas-kertas berisi tantangan ini akan digulung dan masing-masing bisa melakukannya sesuai instruksi. 

White elephant

Cara ini paling menarik dilakukan dengan melibatkan peserta yang banyak. Semakin banyak, semakin seru. Caranya adalah dengan mengumpulkan kado di satu tempat (biasanya di tengah ruangan). Setiap orang sesuai giliran memilih kado mereka. Orang pertama bisa membuka kado yang ia pilih. Dan orang berikutnya melakukan hal yang sama tapi ia juga sekaligus memiliki opsi untuk menyimpan kado yang dipilihnya atau menukarnya dengan orang sebelumnya.

Begitu terus sampai orang terakhir. Dan di akhir, orang pertama berhak memilih dari semua kado yang telah dibuka.

Yang membuat permainan ini lebih seru adalah jika kado-kado yang diberikan berbentuk unik atau berfungsi unik. Yang tak biasa, yang bisa memicu tawa dan kehebohan. Dijamin permainan akan berlangsung seru. —Rappler.com