Apa kesan Miss Universe 2016 Iris Mattinaere tentang Indonesia?

JAKARTA, Indonesia - Miss Universe 2016, Iris Mattinaere mengaku terkesan dengan Indonesia. Salah satu yang sangat dikaguminya adalah Pulau Bali, lokasi pertama di Indonesia yang dia kunjungi tiga pekan lalu.

Perempuan asal Perancis itu rupanya mengagumi keindahan Pulau Bali. Mattinaere menjelaskan bahwa kedatangannya ke Bali untuk menjalani syuting iklan.

Tetapi, kini Mattinaere akhirnya berkesempatan untuk menjelajah Jakarta dan menghadiri malam final pemilihan Puteri Indonesia 2017.

“Saya juga punya teman yang tinggal di Bali. Tapi, karena ada acara ini, saya harus memilih berada di sini,” ujar Mattinaere ketika memberikan keterangan pers di Hotel Sultan, Jakarta Selatan pada Jumat, 31 Maret.

Miss Universe berusia 24 tahun itu terlihat anggun dan cantik ketika mengenakan gaun berwarna biru putih lengkap dengan mahkotanya. Kali ini dia akan berada di Indonesia selama enam hari. Maka tak heran jika Mattinaere tak sabar untuk mengeksplor ibukota.

“Saya sebenarnya penasaran akan perbedaan Bali dan Jakarta. Sejauh ini di Jakarta saya sudah berjalan-jalan dan mengikuti spa bersama Kezia (Warouw) dan para finalis (Puteri Indonesia),” katanya sambil terus menebar senyum kepada media.

Dalam kesempatan itu, Mattinaere juga memiliki hubungan yang spesial dengan penyanyi Indonesia, Anggun C. Sasmi. Selain memiliki lingkaran pertemanan yang sama, rupanya Anggun pernah menjadi salah satu juri dalam kompetisi Miss France tahun 2016.

“Saya menyukai dia dan ternyata dia memilih saya ketika kompetisi itu berlangsung. Tentu saja dia sangat terkenal di Perancis dan saya yakin dia juga populer di sini,” kata Mattinaere.

Baginya Anggun menjadi salah satu inspirasinya dan cocok untuk menjadi Miss Universe seperti dirinya. Sementara, ketika ditanya mengenai pendapatnya soal kompetisi kecantikan, Mattinaere menilai kompetisi seperti Miss Universe atau Puteri Indonesia bukan menjadikan perempuan sebagai objek semata.

“Acara seperti ini menunjukkan bahwa semua perempuan bisa menjadi pemenang. Semua perempuan memiliki kekuatan dan peluang yang sama,” tuturnya.

Walaupun untuk menjadi Miss Universe bukanlah hal yang mudah. Selain harus mengemban tugas dan berkeliling ke seluruh dunia, Mattinaere harus mengorbankan hal yang dia cintai.

“Saya rindu jalan-jalan dengan keluarga. Suatu hari keponakan saya ingin mengajak saya jalan-jalan, tapi saya tidak bisa. Saya sedih sekali,” katanya.

Sementara Ketua Yayasan Puteri Indonesia (YPI), Putri K. Wardani di tempat yang sama mengatakan kehadiran Mattinaere diharapkan bisa membantu menaikan popularitas Indonesia di kancah internasional. Dengan menjadi Miss Universe, Mattinaere memiliki kesempatan untuk berkeliling dunia, termasuk ke Amerika Serikat.

“Di sana, dia akan memiliki kesempatan untuk bercerita mengenai negara-negara yang dia kunjungi, salah satunya Indonesia. Harapan kami, dengan adanya cerita ini bisa menguatkan apa yang Indonesia ingin proyeksikan ke dunia internasional bahwa satu, Indonesia itu negara yang aman. Kemudian, kedua kita ini negara yang kaya budaya dan ketiga, Indonesia memiliki industri kecantikan dan fesyen yang maju. Kita tidak kalah maju seperti negara asalnya di Perancis, Amerika Serikat, Jepang atau Inggris,” tutur Putri soal mengapa Yayasan Puteri Indonesia selalu mengundang pemenang Miss Universe ke Tanah Air. - Rappler.com