Kevin Spacey mengaku dirinya gay

JAKARTA, Indonesia —Aktor pemeran Star Trek: Discovery Anthony Rapp menuduh Kevin Spacey pernah merayunya saat ia berusia 14 tahun, seperti dilansir BuzzFeed News.

KORBAN. Aktor Anthony Rapp saat tampil di panel 'Star Trek: Discovery' di 'Comic-Con 2017'. Foto oleh Mike Coppola/Getty Images/AFP

KORBAN. Aktor Anthony Rapp saat tampil di panel 'Star Trek: Discovery' di 'Comic-Con 2017'.

Foto oleh Mike Coppola/Getty Images/AFP

Rapp, yang kini berusia 46 tahun, mengingat kejadian tersebut di tahun 1986. Saat itu, Kevin berusia 26 tahun dan mereka sama-sama tampil di pertunjukan Broadway.

Kata Rapp, dia pernah diundang ke sebuah pesta di apartemen Spacey dan di penghujung malam, Spacey yang tampaknya sedang mabuk, tiba-tiba membopong Rapp ke tempat tidurnya. 

"Dia mengangkatku seperti pengantin laki-laki mengangkat pengantin perempuan. Aku bingung dan sempat bertanya-tanya apa yang terjadi dan dia tiba-tiba berbaring di atasku." Saat itu Rapp berhasil meloloskan diri dari Spacey dengan berlari ke kamar mandi dan mengunci diri di sana sampai ia bisa meninggalkan apartemen itu.

"Dia mencoba merayuku. Aku tidak tahu apakah itu ekspresi yang tepat tapi dia mencoba 'mendapatkanku' secara seksual," kata Rapp pada BuzzFeed News. Rapp pun bersyukur, hal buruk tidak sempat terjadi padanya.

Setelah insiden itu, karier Spacey melejit dari Broadway hingga Hollywood dan pernah memenangkan 2 Piala Oscar. Saat ini ia tengah membintangi serial populer House of Cards.

Maaf dan pengakuan

Beberapa jam setelah kisah Rapp terungkap ke publik, Space menuliskan permintaan maafnya lewat media sosial. Kata Spacey dalam pernyataannya, ia merasa prihatin mendengar cerita Rapp tapi ia tidak mengingat kejadian itu.

"Kalau aku melakukan seperti apa yang dia katakan, aku berhutang permintaan maaf padanya atas perbuatan yang kulakukan dalam kondisi mabuk dan aku minta maaf karena membuatnya merasakan perasaan seperti ini bertahun-tahun," ujarnya.

Yang mengejutkan, pernyataan Spacey selanjutnya menyebut bahwa ia gay. "Mereka yang dekat denganku tahu bahwa aku pernah menjalin hubungan dengan perempuan dan laki-laki. Aku memiliki beberapa hubungan asmara dengan laki-laki. Dan sekarang aku memilih hidup sebagai pria gay. Aku ingin membuka ini dan jujur, dimulai dengan memeriksa tingkah lakuku," tulis Spacey lagi.

Namun reaksi netizen mungkin tidak seperti yang diprediksi Spacey. Karena banyak yang berkomentar bahwa Spacey menggunakan momen tersebut untuk menutupi isu yang lebih besar yakni soal pelecehan dan kekerasan seksual yang diduga dilakukannya. —Rappler.com