LIVE UPDATES: Serunya pelantikan Anies-Sandi

JAKARTA, Indonesia — Anies Baswedan-Sandiaga Uno akan dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Kepresidenan pada Senin, 16 Oktober 2017, pada pukul 16.00 WIB.

Anies-Sandi yang diusung Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam bursa pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI akan memimpin Jakarta hingga 2022.

Artinya, hingga lima tahun ke depan, Jakarta akan memiliki pemimpin baru. Tentu saja, dengan gagasan dan janji-janji baru. Kita berharap wajah Jakarta akan lebih cerah di bawah kendali Anies-Sandi.

Dalam pelantikan ini, rencananya Anies-Sandi akan menyediakan cemilan tradisional gratis dan beragam pertunjukkan seni, seperti kesenian palang pintu dan tanjidor.

Karena itu pelantikan gubernur dan wakil gubernur kali ini dipastikan akan meriah. Lalu  seperti serunya suasana dan kesibukan pelantikan tersebut? Kami akan mengupdate setiap info terbaru seputar pelantikan Anies-Sandi di laman ini:

Sambutan pertama, Anies ucapkan terimakasih kepada tiga gubernur Jakarta sebelumnya

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno setelah serah terima jabatan di Balai Kota, Senin (16/10). Foto oleh Davin Yiulianto/Rappler

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno setelah serah terima jabatan di Balai Kota, Senin (16/10).

Foto oleh Davin Yiulianto/Rappler

Anies Baswedan menyampaikan sambutan pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta di Balai Kota, sekitar pukul 18.10 WIB. Dalam sambutannya, ia berterima kasih pada warga Jakarta yang telah memberikan kepercayaan kepadanya. 

Selain itu ia juga berterima kasih pada tiga gubernur DKI Jakarta yang telah memimpin pada periode sebelumnya. “Birokrasi tak bergantung kepada siapa yang menjadi pemimpin. Birokrasi mengabdi terus-menerus. Karena itu, kami akan teruskan pengabdian bersama birokrasi di Jakarta ini,” katanya.

Aneis juga mengatakan jika ia dan Sandiaga Salahuddin Uno, Wakil Gubernur DKI Jakarta, sudah tak sabar untuk bekerja untuk warga DKI Jakarta. Ia menuturkan bahwa persiapan ini telah dimaksimalkan selama 6 bulan terakhir.

Serah terima jabatan di Balai Kota

Anies Baswedan memberikan sambutan di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10). Foto oleh Davin Yiulianto/Rappler

Anies Baswedan memberikan sambutan di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10).

Foto oleh Davin Yiulianto/Rappler

Setelah resmi dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Sandiga Uno langsung meluncur ke Balai Kota.  Keduanya tiba sekitar pukul 18:00 WIB.

Di Balai Kota, Anies-Sandi langsung menuju Balai Agung. Kedatangan mereka disambut meriah oleh para PNS DKI yang hadir untuk menyaksikan sertijab. Dalam acara ini, Anies-Sandi disambut oleh Pelaksana harian (PLH) Gubernur DKI Jakarta Saefullah. 

Sebab gubernur sebelumnya, yakni Djarot Saiful Hidayat, tidak hadir karena sedang berlibur ke Labuan Bajo.

Resmi jadi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno. Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno.

Foto oleh Yudhi Mahatma/ANTARA

“Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 dan menjalankan undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa”.

Itulah sumpah yang diucapkan oleh Anies Rasyid Baswedan ketika dilantik sebagai Gubernur DKI Jakarta oleh Presiden Joko “Joko” Widodo pada Senin sore, 16 Oktober. Kalimat sumpah yang sama juga kembali diucapkan Sandiaga Salahudin Uno yang dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI periode 2017-2022.

Keduanya tiba di Istana Negara sekitar pukul 15:00 WIB usai sebelumnya menyambang Masjid Agung Sunda Kelapa di Menteng. Anies-Sandi dilantik menggantikan Djarot Syaiful Hidayat yang masa jabatannya habis pada Sabtu, 14 Oktober pukul 00:00.

Acara tersebut terlihat dihadiri oleh berbagai pejabat penting dan para Menteri Kabinet Kerja. Namun, yang dua yang menjadi sorotan yakni kehadiran Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto.

Prabowo, Setya Novanto, Fahri Hamzah hadiri pelantikan Anies-Sandi

Prabowo Subianto menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/10). Foto oleh Santi Dewi/Rappler

Prabowo Subianto menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (16/10).

Foto oleh Santi Dewi/Rappler

Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Istana Kepresidenan pada Senin sore ini dihadiri sejumlah tokoh.

Para tokoh yang hadir antara lain Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, Ketua DPR Setya Novanto, dan Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah.

Setya Novanto berharap, setelah dilantik Anies dan Sandi bisa menerukan kebijakan-kebijakan gubernur sebelumnya yang dianggap baik.

Pelantikan sendiri akan berlangsung pukul 16:00 WIB dengan dipimpin langsung Presiden Jokow Widodo.

Sandiaga tiba di Masjid Sunda Kelapa

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno tiba di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Senin (16/10). FOTO oleh Brian Argawana/Rappler

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih Sandiaga Uno tiba di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, Senin (16/10).

FOTO oleh Brian Argawana/Rappler

 

Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta  terpilih Sandiaga Uno tiba di Masjid Sunda Kelapa sekitar pukul 14:15 WIB. Mengenakan seragam putih-putih, Sandiaga sempat melambaikan tangan kepada para pendukungnya.

Kehadiran Sandiaga di Masjid Sunda Kelapa ini untuk mengikuti acara doa bersama. Anies Baswedan, calon Gubernur DKI terpilih, juga akan mengikuti acara ini. Namun keduanya datang secara terpisah.

Dari Masjid Sunda Kelapa, Anies dan Sandiaga akan langsung meluncur ke Istana Kepresidenan untuk mengikuti acara pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Acara pelantikan akan dipimpin langsung Presiden Joko Widodo.

Djarot tak hadiri pelantikan, Anies: Masyarakat bisa menilai

Anies Baswedan sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10). Foto oleh Ananda Nabila/Rappler

Anies Baswedan sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10).

Foto oleh Ananda Nabila/Rappler

Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan berterimakasih kepada Djarot Saiful Hidayat yang akan segera digantikannya.

“Saya berterima kasih kepada Pak Djarot sudah membangun Jakarta,” kata Anies sebelum menghadiri pelantikan yang akan digelar di Istana Kepresidenan, Senin 16 Oktober 2017.

Djarot tidak akan menghadiri pelantikan serta acara serah terima jabatan karena saat ini politikus PDIP tersebut tengah berlibur di Labuan Bajo.

Menanggapi absennya Djarot, Anies mengatakan, “Pak Djarot tidak datang. Saya kira masyarakat sudah bisa menilai,” katanya.

Sementara itu Anies juga mengatakan dirinya belum tahu kapan akan pindah ke rumah dinas. “Rumahnya aja saya belum lihat,” katanya.

Pendukung Anies-Sandi gelar doa bersama di Masjid Sunda Kelapa

Para pendukung Anies-Sandi menggelar doa bersama untuk mendoakan kepemimpinan Anies-Sandi di Sunda Kelapa, Senin (16/10). Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Para pendukung Anies-Sandi menggelar doa bersama untuk mendoakan kepemimpinan Anies-Sandi di Sunda Kelapa, Senin (16/10).

Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Anies Baswedan dan Sandiaga Uno menyempatkan diri mampir di Masjid Sunda Kelapa, Jakarta Pusat, untuk menghadiri doa bersama sebelum penatikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Acara doa bersama tersebut digelar oleh para pendukung Anies-Sandi untuk mendoakan Anies-Sandi yang segera akan memimpin Jakarta selama lima tahun ke depan.

Acara doa bersama ini dimulai pukul 13:30 WIB di Aula Masjid Agung Sunda Kelapa. Namun Sandiaga baru meluncur ke masjid tersebut pada pukul 13.30 WIB dari rumahnya di Kebayoran Baru.

Tak lama kemudian Anies Baswedan juga meluncur dari kediamannya di Kawasan Lebak Bulus ke Masjid Sunda Kelapa dengan menggunakan mobil Toyota Kijang Innova berwarna hitam.

Usai dilantik jadi Wakil Gubernur DKI, Sandiaga tak tinggal di rumah dinas

Sandiaga Uno sebelum menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Sandiaga Uno sebelum menghadiri pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Juru Bicara Anies Baswedan-Sandiaga Uno Naufal Firman Yursak mengatakan Sandiaga tidak akan menempati rumah dinas setelah dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

"Kalau Bang Sandi tidak akan tinggal di rumah dinas, tapi akan dipakai untuk interaksi warga,” kata Firman Yursak saat ditemui di kediaman Sandiaga Uno di Jakarta, Senin (16/10).

Sandiaga bersama Anies Baswedan akan dilantik di Istana Kepresidenan pada Senin pukul 16:00 WIB ini. Keduanya akan ‘transit’ di Masjid Sunda Kelapa terlebih dahulu sebelum ke Instana Kepresidenan.

Firman mengatakan Anies Baswedan akan menggunakan mobil Toyota Kijang Innova yang biasa dipakai sehari-hari untuk menuju Istana atau ke Balai Kota DKI Jakarta.

Sementara untuk rumah dinas, Firman mengatakan Anies akan menggunakan rumah dinasnya. "Pak Anies akan menempati rumah dinas secara berproses,” katanya.

Dua anak Sandiaga tak hadiri pelantikan

Sandiaga Uno bersanti di rumahnya sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Senin (16/10). Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Sandiaga Uno bersanti di rumahnya sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI, Senin (16/10).

Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta akan berlangsung tanpa kehadiran dua anak Sandiaga, yakni Anneesha Atheera Uno dan Amyra Atheefa Uno.

"Amyra dan Atheera memutuskan tidak pulang karena kebetulan ujian di sana. Karena Amyra semester pertama konsentrasi dan Atheera sudah tingkat ketiga," kata Sandiaga di kediamannya di wilayah Kebayoran Baru, Senin 16 Oktober 2017.

Atheera dan Amyra saat ini memang sedang berkuliah di Amerika Serikat. Meski begitu, keduanya akan menyaksikan pelantikan ayahnya melalui live streaming

Dalam pelantikan nanti, Sandiaga hanya akan ditemani istrinya Nur Asia dan anak ketiganya Sulaiman. Sandiaga juga mendapatkan pesan dari keluarganya menjelang pelantikan.

"Jangan lupakan ya bang janji-janji amanah. Jangan sampai mengecewakan, bukan hanya yang pendukung, tapi juga yang belum memberikan dukungan," kata Sandi. 

Sandi berharap berharap bisa menjalankan tugas dengan baik dan menjadi pemimpin yang merangkul semua golongan. “Oleh karena itu saya senang banget ada beberapa teman-teman yang menjadi relawan Pak Basuki (Ahok) juga hadir," katanya.

Karangan bunga mulai sesaki Balai Kota Jakarta

Karangan bunga memadati halaman Balai Kota Jakarta menjelang pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Senin (16/10). Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Karangan bunga memadati halaman Balai Kota Jakarta menjelang pelantikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, Senin (16/10).

Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Rangkaian bunga mulai memadati halaman Balai Kota DKI Jakarta menjelang pelantikan Anies Baswedan dan Sadianga Uni sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Saat ini, karangan-karangan bunga tersebut berjejer rapat di halaman Balai Kota. Pengirim bunga, antara lain, dari Keluarga Besar Bamus Betawi dan Pengurus Masjid Agung Sunda Kelapa.

Karangan-karangan bunga tersebut berisi ucapan selamat kepada Anies Baswedan dan Sandiaga Uno atas pelantikan keduanya sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta pada Senin sore nanti.

Pelantikan sendiri akan digelar di Istana Kepresidenan pada pukul 16:00 WIB. Seremoni pelantikan akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Anies-Sandi dilantik, Balai Kota siapkan karpet merah

Menjelang pelantikan Anies Baswedan - Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Balai Kota DKI Jakarta pun telah berhias. Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Menjelang pelantikan Anies Baswedan - Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Balai Kota DKI Jakarta pun telah berhias.

Foto oleh Brian Argawana/Rappler

Menjelang pelantikan Anies Baswedan - Sandiaga Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Balai Kota DKI Jakarta pun telah berhias.

Karpet merah besar, misalnya, telah digelar di halaman depan Balai Kota, lengkap dengan panggungnya. Anies dan Sandi rencananya akan langsung ke Balai Kota usai pelantikan di Istana Kepresidenan.

Sesampai di Balai Kota, Anies-Sandi akan mengadakan syukuran dan menerima tamu-tamu undangan. Beragam cemilan juga akan disuguhkan untuk setiap tamu undangan.

Menjelang pelantikan, Sandiaga Uno terlihat santai

Sandiaga terliat santai di halaman rumahnya sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10). Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Sandiaga terliat santai di halaman rumahnya sebelum pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Senin (16/10).

Foto oleh Rosa Cindy/Rappler

Sandiaga Uno akan segera dilantik menjadi Wakil Gubernur DKI pada Senin sore ini. Namun Sandi, begitu Sandiaga disapa, masih terlihat santi di rumahnya di wilayah Kebayoran Baru.

Sampai pukul 09:45 WIB Sandiaga masih mengenakan jaket olahraga dan celana training dengan sepatu kets. Ia juga sempat berbincang dengan media. Sandi baru masuk kembali ke dalam rumahnya sekitar pukul 10:15 WIB.

Rencananya Sandi akan ke Masjid Sunda Kelapa pada siang nanti sebelum menghadiri pelantikan di Istana Kepresidenan yang akan langsung dipimpin oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Anies Baswedan akan dikawal 7 motor dari Dishub DKI

7 motor akan mengawal Anies Baswedan selama pelantikan Gubernur DKI Jakarta. Foto oleh Ananda Nabila Setyani/Rappler

7 motor akan mengawal Anies Baswedan selama pelantikan Gubernur DKI Jakarta.

Foto oleh Ananda Nabila Setyani/Rappler

Calon Gubernur DKI Jakarta terpilih Anies Baswedan akan dikawal 7 motor dari Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Rencananya, Anies akan berangkat ke Masjid Sunda Kelapa Jakarta Pusat sekitar pukul 12:30 WIB sebelum ke Istana Negara untuk menghadiri acara pelantikan.

Sementara sampai pukul 10:15 WIB Anies masih berada di rumahnya di wilayah Lebak Bulus, Jakarta Selatan. Di rumah ini telah berkumpul sejumlah awak media.

 #RAPPLERXDKI Tweets

 

 —Rappler.com