Jejak perjalanan ‘spiritual’ Anies Baswedan

 

JAKARTA, Indonesia — Setelah hampir tujuh bulan blusukan ke kampung-kampung dan gang sempit di sekujur ibukota, langkah Anies Baswedan akhirnya tiba juga di Balai Kota DKI Jakarta.

Ia, dalam hasil hitung cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei, berhasil memenangi putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017, mengalahkan calon petahana Basuki “Ahok" Tjahaja Purnama. 

"Perjalanan 7 bulan ini seperti perjalanan spiritual,” kata Anies Baswedan di Kantor PWNU DKI, Utan Kayu, Jakarta Timur, Sabtu 15 April 2017. “Saya seakan-akan ditakdirkan untuk melihat kenyataan yang ada di Jakarta.”

Selama tujuh bulan itu, Anies banyak bersentuhan langsung dengan warga Jakarta. Ia misalnya menyapa warga Bukit Duri yang tergusur, mendatangi rumah-rumah susun, dan merangkul nelayan di Cilincing, Jakarta Utara.

Perjalanan yang melelahkan, tentu saja. Dan juga tak murah. Sebab selama masa kampanye, Anies bersama Sandiaga Uno sedikitnya telah merogoh kocek hingga Rp 82,6 miliar --Rp 18 miliar di antaranya habis untuk mendanai kampanye putaran kedua.

Namun duit tersebut tak mengalir sia-sia. Warga Jakarta, menurut hasil penghitungan cepat, memilihnya sebagai Gubernur DKI Jakarta bersanding dengan Sandiaga Uno. Kini Anies-Sandi hanya tinggal menunggu pengumuman resmi dari KPUD Jakarta. Karpet merah pun siap digelar untuk menyambutnya di Balai Kota.

Berikut jejak perjalanan 'spiritual' Anies Baswedan hingga ia memenangi putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2017 menurut hasil penghitungan cepat:

19 April 2017: Memenangi putaran kedua

Anies bersama Sandiaga Uno memenangi putaran kedua Pilkada DKI menurut hasil penghitungan cepat yang dilakukan sejumlah lembaga survei. Perolehan suara Anies-Sandi menurut lembaga-lembag survei tersebut di atas 50 persen, cukup untuk mengantarnya ke Balai Kota. 

12 April 2017 : Mengikuti Debat Pilkada Putaran dua.

Debat final putaran kedua dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat ini 'Dari Masyarakat Jakarta untuk Jakarta' yang akan mengangkat isu tentang kesenjangan dan keadilan sosial, penegakan hukum dan soal bonus demografi. Debat kedua ini dimoderatori oleh Ira Koesno dan disiarkan secara langsung di 13 Stasiun TV.

4 Maret 2017: Melaju ke putaran kedua

KPU DKI Jakarta menetapkan Anies-Sandi dan Ahok-Djarot sebagai pasangan yang akan bersaing dalam Pilkada DKI putaran kedua. 

21 Februari 2017 : Kampanye di Rusun Rawa Bebek

Cagub Anies Baswedan mengadakan kunjungan ke Rusun Rawa Bebek di Jakarta Timur. Kunjungan ini dimanfaatkan Anies untuk mendengar keluh-kesah warga Bukit Duri yang rumahnya digusur. Salah satunya adalah keluh kesah warga mengenai susahnya membuat E-KTP.

11 Februari 2017 : Mengadakan Rapat Umum 

Rapat umum Anies-Sandi dilaksanakan di Lapangan Bermis Kelapa Gading, Jakarta Utara (5/2) dan Cempaka Putih (11/2).

10 Februari 2017 : Mengikuti Debat ketiga Pilkada

Debat ketiga Pilkada Jakarta diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Tema debat ketiga ini adalah tentang. Moderator debat kali ini adalah Alfito Deannova Ginting.

5 Februari 2017 : Mengadakan Kampanye Akbar

Kampanye Akbar ini dilaksanakan di Lapangan Banteng, Jakarta. Acara ini merupakan bentuk dukungan dari simpatisan Anies-Sandi. Para simpatisan Anies-Sandi membawa anak-anak mereka sambil mendengarkan orasi yang dilakukan oleh Kandidat Calon Gubernur nomor 3 ini.

5 Februari 2017 : Mengadakan Rapat Umum

Rapat umum Anies-Sandi dilaksanakan di Lapangan Bermis Kelapa Gading, Jakarta Utara (5/2) dan Cempaka Putih (11/2).

27 Januari 2017 : Mengikuti Debat kedua Pilkada

Debat kedua Pilkada DKI Jakarta kembali dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta. Teman debat ini adalah reformasi birokrasi, pelayanan publik, serta pengelolaan perkotaan. Moderator debat kedua ini adalah Tina Talisa.

13 Januari 2017 : Mengikuti Debat pertama Pilkada

Debat pertama Pilkada DKI Jakarta dilaksanakan di Hotel Bidakara, Jakarta. Tema debat pertama adalah sosial ekonomi, pendidikan, keamanan, lingkungan dan transportasi. Moderator debat pertama ini adalah Ira Koesno.

20 Desember  2016 : Kampanye di daerah Kebon Jeruk, Muara Angke dan Cengkareng Timur

Anies Baswedan mengadakan kampanye di Kebon Jeruk dan Cengkareng Timur dilaksanakan dari pukul 13.00-17.00 dengan pokok bahasan sosialisasi. Sedangkan pada jam 20.00-21.00, Anies menghadiri undangan Maulid Nabi di Musala Sirojul Muslimin, Muara Angke.

25 Oktober 2016 : Mengambil nomor undian Cagub

Pengundian nomor cagub dilaksanakan di JIEXPO Kemayoran, Jakarta Pusat. Hasilnya adalah Anies Baswedan-Sandiaga Uno memeperoleh nomor tiga dalam Pilkada DKI Jakarta.

26 September 2016 : Menghadiri Peresmian Roemah Joeang

Anies dan Sandi menghadiri acara peresmian Roemah Joeang yang dilaksanakan di Jalan Brawijaya IX Nomor 1, Jakarta Selatan. Roemah Joeang ini merupakan posko pemenangan bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

23 September 2016 : Deklarasi sebagai calon gubernur DKI Jakarta dengan Sandiaga Uno

Bertempat di Kebayoran Baru, Jakarta, Ketua DPP Partai Gerindra, Prabowo Subiyanto mendeklarasikan Anies Baswedan dan Sandiaga Uno sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. —dengan laporan Yanwar Arifin/Rappler.com