Persib tunjuk Emral Abus sebagai pelatih menggantikan Djanur

BANDUNG, Indonesia - Manajemen Persib Bandung akhirnya menunjuk instruktur pelatih nasional, Emral Abus, untuk mengisi kursi pelatih yang telah ditinggalkan Djajang Nurdjaman. Kepastian itu disampaikan oleh manajer Persib Bandung, Umuh Muchtar.

“Ya, betul. Sudah positif (menjadi pelatih Persib),” ujar Umuh ketika dikonfirmasi melalui sambungan telepon pada Kamis, 31 Agustus.

Emral kata Umuh, sudah mulai melatih tim Maung Bandung sejak hari ini. Ia dikontrak sampai akhir putaran kedua Liga 1 musim ini.

“Tidak menutup kemungkinan akan terus (menjadi pelatih Persib),” ujar pria yang biasa disapa Pak Haji ini.

Lalu apa alasan manajemen Persib Bandung memilih Emral? Ia mengatakan Emral memiliki beberapa kelebihan sehingga dipilih menjadi pelatih skuat Pangeran Biru.

Selain dikenal sebagai “guru besar” para pelatih terkenal, seperti Djadjang Nurdjaman dan Indra Sjafrie, Emral juga memahami karakter Persib Bandung. Emral pernah menangani Persib pada ajang Piala Asian Football Confederation (AFC) 2015.

“(Emral) sudah memahami dan tahu karakter Persib, sudah pengalaman menangani Persib, dan tidak ada masalah dengan kita,” kata Umuh,

Sebagai pelatih berlisensi A, Emral juga diyakini memiliki pengetahuan, taktik dan strategi yang mumpuni. Umuh berharap kehadiran Emral bisa membawa Persib ke posisi yang lebih baik.

Penunjukkan Emral sebagai pelatih Persib mendapat tanggapan positif dari Pengamat Sepakbola, Yudi Guntara. Mantan pemain Persib Bandung itu menilai Emral berpengalaman menangani Persib sehingga sudah paham dengan karakter tim yang dikapteni Atep ini. Keberadaan striker juga menjadi modal bagi Emral untuk menjadi pelatih yang bisa diandalkan.

"Kalau kata saya, Persib harus jadi bagus. Pak Emral banyak mengetahui karakter pemain-pemain Persib dan yang paling penting sekarang ada seorang striker. Jadi Djanur juga kalau menurut saya bukan jelek tapi karena tidak ada striker jadi monoton pemain yang dipasangnya,” kata dia memberikan analisa. - Rappler.com