Mengenal Poding, kopi Aceh penambah stamina

PIDIE, Indonesia — Jika Mesir dikenal sebagai negeri seribu masjid, maka Provinsi Aceh dikenal dengan nama negeri seribu warung kopi. Sebutan ini tak lain karena kegemaran warga setempat meminum kopi.

Bahkan di daerah Gayo, dataran tinggi di Aceh yang menjadi penghasil kopi terbaik, aktivitas pagi hari ‘wajib’ diawali dengan menenggak segelas kopi. 

Selain kebiasaan rutin, minum kopi bagi warga Aceh ternyata juga dianggap sebagai penambah stamina 'pria' alias obat kuat. Kopi yang dianggap bisa menambah stamina pria ini punya nama khusus, yakni 'poding'. 

Poding sejatinya adalah kopi campur telur. Kopi telur kocok ini mudah didapati di kedai-kedai kopi yang tersebar di Aceh. Namun, di Kabupaten Pidie, ada kedai kopi yang biasa dikunjungi para penikmat kopi telur kocok. 

Kedai tersebut dikenal dengan nama Warung Kopi Boh Manok Lameue. Lokasinya berada di Desa Lameue, Kecamatan Sakti, Pidie. Kedai ini sangat ramai dikunjungi para pria yang ingin menambah staminanya. 

"Walaupun sebagian besar warung kopi menyediakan kopi telur kocok, yang di Lameue ini beda, dari cara pengocokannya sampai penyajiannya," kata seorang pengunjung bernama Riazul Iqbal Pauleta, Minggu 23 Juli 2017.

Akhir pekan lalu, Riazul mengajak Ricky untuk menikmati kopi telur kocok di Kopi Boh Manok Lameue. Ricky adalah seorang traveler yang sedang berkeliling Indonesia.

Menurut Riazul, kopi telur kocok di Lameue sangat istimewa karena cara pengocokan telurnya yang masih terjaga. Mereka, misalnya, masih menggunakan lidi di mata mesin mixer. Tujuannya agar telur yang dikocok lebih merata dan mengembang.

Selain itu, untuk menghilangkan bau amis, telur yang sudah dikocok direndam dalam air panas sekitar 10 menit. Selanjutnya diberi campuran kopi atau teh dan sedikit susu kental manis sebelum siap disuguhkan.

"Menurut saya cita rasa kopi telur kocok Lameue ini lezat dan berprotein tinggi, karena diolah dengan telur ayam kampung dan proses mixer (pengocokan) menggunakan lidi jadi cita rasa alaminya terjaga," kata Riazul.

Di warung kopi Boh Manok Lameue, minuman poding ini biasanya dinikmati dengan lemang. Lemang ialah makanan dari pulut yang diberi santan kemudian dipanggang dalam bambu. 

"Dengan tersedianya lemang langsung dari dapurnya juga menjadi daya tarik menikmati kopi telur kocok di Lameue," jelas Riazul.

Kopi telur kocok biasa diminum dengan lemang. Foto oleh Habil Razali/Rappler

Kopi telur kocok biasa diminum dengan lemang.

Foto oleh Habil Razali/Rappler

Cara membuat kopi telur kocok sebenarnya mudah. Pertama, pisahkan telur kuning dan putih, karena yang dikocok kuning telurnya saja. Sebelum kuning telur dikocok dalam gelas, masukan gula pasir secukupnya.

Kocok sampai warna kuning telurnya berubah agak putih. Setelah itu, rendam beberapa menit dengan air panas untuk menghilang bau amis telur. Terakhir tambahkan kopi atau teh serta susu kental manis. Kopi telur kocok siap dinikmati.

Meskipun minuman poding umumnya dinikmati oleh kaum pria, tetapi perempuan ternyata juga boleh meminumnya. Biasanya perempuan mengkonsumsi kopi telur kocok ini sebagai penambah darah.

Namun benarkah kopi telur kocok ini bisa menambah stamina laki-laki? Jika penasaran, anda bisa langsung mencicipinya di Pidie. Ayo ke Aceh! —Rappler.com