Prediksi Prancis vs Argentina: Bisa tepis keraguan, La Albiceleste?

JAKARTA, Indonesia —Inilah saatnya bagi Argentina untuk membuktikan bahwa mereka masih layak difavoritkan memenangkan Piala Dunia 2018. Di babak 16 besar, Argentina ditunggu Prancis. Duel bakal dihelat di Kazan Arena, Sabtu, 30 Juni malam WIB. 

Dukungan kepada Argentina sempat tergerus drastis, menyusul hasil jeblok yang dituai Lionel Messi dan kawan-kawan dalam tiga laga babak penyisihan Grup D, dimana mereka hanya mampu finis di posisi kedua dengan total empat poin.

Juara Piala Dunia 1978 dan 1986 mengawali petualangannya di Rusia dengan hasil mengecewakan, ditahan imbang 1-1 oleh Islandia, tim yang sama sekali tak diunggulkan. Messi bahkan gagal mencetak lewat gol lewat tendangan penalti. 

Pada laga kedua, penampilan skuat besutan Jorge Sampaoli bahkan lebih buruk lagi. Tanpa perlawanan sama sekali, Messi and kolega dipermak Kroasia tiga gol tanpa balas. Ironisnya, kekalahan tragis itu disaksikan langsung legenda kenamaan Argentina, Diego Maradona. Maradona bahkan sampai meneteskan air mata di tribun kehormatan, tak percaya gawang Argentina yang dikawal Wilfredo Caballero diberondong bertubi-tubi.

Tapi beruntung, La Albiceleste bisa lolos dari lubang jarum. Kemenangan 2-1 atas Nigeria memastikan Argentina mengamankan satu tiket ke babak knock out. Namun tak berarti tanpa catatan. Kemenangan diraih dengan kerja keras yang tentu saja menjadi pekerjaan rumah berat bagi Sampaoli. Gol penentu dicetak Marcos Rojo jelang pertandingan usai yang sekaligus mengubah skor 1-1 menjadi 2-1.

Harus konsentrasi

Mampukah Argentina mengalahkan Prancis? Tak ada yang berani menjawab tegas, mengingat kinerja pasukan Sampaoli yang masih jauh dari kata memuaskan.

Bomber Argentina, Gonzalo Higuain, menyatakan bahwa lawan yang dihadapi sangatlah berat. "Jadi, kami harus bisa benar-benar fokus," kata Higuain, dilansir Sky Sports. 

TELATEN. Di Maria adalah salah satu stok gelandang Argentina yang terkenal telaten dan disiplin. Foto dari FIFA.com

TELATEN. Di Maria adalah salah satu stok gelandang Argentina yang terkenal telaten dan disiplin. Foto dari FIFA.

com

PERTAHANAN. Kemungkinan besar pelatih Prancis Didier Deschamps akan memperkuat lini pertahanan melawan Argentina. Foto dari FIFA.com

PERTAHANAN. Kemungkinan besar pelatih Prancis Didier Deschamps akan memperkuat lini pertahanan melawan Argentina. Foto dari FIFA.

com

Adu gelandang

Bisa jadi, pertahanan menjadi titik gumul utama Deschamps. Soalnya, bermodalkan striker-striker kelas dunia macam Messi dan Sergio Aguero, Argentina pastilah menargetkan gol cepat dengan mengandalkan jam terbang kedua pemain tersebut. Itu berarti, lini belakang yang dikomandoi Djibril Sidibe harus menerapkan sapu bersih dan penjagaan super ketat. 

Yang juga jadi sorotan, apalagi kalau bukan lini tengah. Baik Argentina maupun Prancis sama-sama memiliki gelandang cemerlang. Prancis punya Paul Pogba,  Blaise Matuidi, juga Ngolo Kante. Ketiganya menopang Olivier Giroud selaku striker. Argentina tak kalah mengkilap. Ada Angel Di Maria. Ada Ever Banega. Ada pula Maximiliano Meza. 

GELANDANG. Prancis dikenal memiliki barisan gelandang yang perkasa. Foto dari FIFA.com

GELANDANG. Prancis dikenal memiliki barisan gelandang yang perkasa. Foto dari FIFA.

com

Data dan fakta skuat Prancis

Penyisihan grup:
Sabtu, 16 Juni: Prancis vs Australia 2-1
Kamis, 21 Juni: Prancis vs Peru  1-0
Selasa, 26 Juni:  Prancis vs Denmark 0-0

Juara: 1998

Perkiraan susunan pemain:

Hugo Lloris, Lucas Hernandez, Samuel Umtiti, Raphael Varane, Benjamin Mendy, Paul Pogba, Ngolo Kante, Blaise Matuidi, Antoine Griezmann, Kylian MBappe, Olivier Giroud.

Pelatih: Didier Deschamps

Data dan fakta skuat Argentina

Penyisihan grup:
Sabtu, 16 Juni:  Argentina va Islandia  1-1
Kamis, 21 Juni:  Kroasia vs Argentina 3-0
Selasa, 26 Juni: Argentina vs Nigeria 2-1

Juara: 1978, 1986

Perkiraan susunan pemain : 

Franco Armani, Gabriel Mercado, Nicolas Otamendi, Marcos Rojo, Nicolas Tagliafico, Enzo Perez, Javier Mascherano, Ever Banega, Anegl Di Maria, Lionel Messi, Gonzalo Higuain

Pelatih: Jorge Sampaoli

—Rappler.com