Rihanna mendapatkan penghargaan dari Harvard University

JAKARTA, Indonesia — Tidak hanya sukses dalam karier bermusiknya, ternyata penyanyi Rihanna juga diakui dalam bidang kemanusiaan.

Pengakuan tersebut tercermin dalam penghargaan yang diberikan oleh Harvard Foundation dari Harvard University di Amerika Serikat pada Selasa, 28 Februari kemarin. Rihanna mendapatkan penghargaan 2017 Humanitarian of the Year untuk jasanya dalam hubungan antar budaya dan ras.

Direktur Harvard Foundation, Dr. S. Allen Counter, mempersembahkan penghargaan tersebut kepada Rihanna berkat aksi amalnya membangun pusat penelitian onkologi serta pengobatan nuklir untuk mendiagnosa dan mengobati kanker payudara di Queen Elizabeth Hospital di Bridgetown, Barbados.

“Penghargaan ini adalah untuk aksi kepedulian tersebut dan kegiatan-kegiatan lainnya yang didorong semangat untuk berbagi, sehingga fakultas dan mahasiswa Harvard Foundation memilih Rihanna untuk penghargaan 2017 Humanitarian of the Year,” tutur Counter dalam upacara pemberian penghargaan.

“Saya berhasil masuk Harvard!” tutur penyanyi kelahiran Barbados ini dalam pidatonya setelah menerima penghargaan. Rihanna juga bercerita tentang kehidupan masa kecilnya yang menjadi inspirasi dalam melakukan kegiatan-kegiatan amal.

“Saya ingat jika menonton tv (ketika masih kecil) saya sering melihat tayangan komersial yang menampakkan anak-anak yang kurang beruntung diberbagai belahan dunia, mereka yang hanya butuh diberikan 25 sen untuk diselamatkan nyawanya. Dulu saya bertekad ‘Jika saya besar nanti dan jadi orang kaya, saya akan berusaha menolong anak-anak diseluruh dunia’.”

Terlihat anggun dengan gaun off-the-shoulder abu-abu dan rambut yang dikuncir ke belakang, Rihanna mengajak para mahasiswa dan penggemar yang menonton agar memiliki tekad yang sama.

“Kita semua manusia dan kita hanya butuh kesempatan,” tutur penyanyi 29 tahun ini. “Kesempatan untuk hidup, kesempatan memperoleh pendidikan, kesempatan mendapatkan masa depan.”

Simak pidato lengkapnya dalam video berikut:

Selain Rihanna, penghargaan Humanitarian of the Year dari Harvard Foundation juga pernah diberikan kepada mantan Sekretaris Jenderal PBB Ban Ki Moon, pemenang nobel asal Pakistan Malala Yousafzai, serta penyanyi Lionel Richie.

Rihanna memulai yayasan Clara Lionel Foundation (CLF) pada 2012 untuk mengenang kakek-neneknya, Clara dan Lionel Braithwaite. Organisasi ini mengupayakan anak-anak diseluruh dunia untuk mendapatkan pendidikan dan kesehatan yang layak, serta program bantuan kemanusiaan lainnya. 

Sebelumnya, Rihanna pernah membangun Belive Foundation pada 2006 untuk membantu anak-anak yang sakit parah. Ia juga sering tampil dalam acara-acara penggalangan dana yang diadakan  perancang dunia, seperti Gucci dan Cartier pada tahun 2008.—dengan laporan AFP/Rappler.com