Sayap pesawat Wings Air menyenggol Lion Air di Bandara Kualanamu

JAKARTA, Indonesia - Pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT 197 pada Kamis, 3 Agustus mengalami tabrakan di bagian sayap dengan pesawat Wings Air di Bandara Kualanamu, Medan, Sumatera Utara. Peristiwa itu diduga terjadi ketika maskapai Lion Air tujuan Banda Aceh menuju ke Medan akan mendarat sekitar pukul 11:10 WIB.

Sementara, maskapai Wings Air dengan tujuan Medan ke Melabo diduga tengah siap untuk melakukan penerbangan. Dari foto yang beredar di media sosial, kondisi sayap kedua pesawat terlihat cukup parah.

Salah satunya diunggah oleh pengamat penerbangan Gerry Soejatman. Kepada Rappler, Gerry mengaku memperoleh foto itu dari komunitas penerbangan. 

Ground Collision/Runway Incursion between WingsAir ATR72-500 #PKWFF and LionAir B737-900ER #PKLJZ at #MedanAirport #KNOAirport #Kualanamu pic.twitter.com/zl4bqMEuIb — Gerry Soejatman (@GerryS) August 3, 2017

Manajer humas Lion Air, Andy M. Saladin yang dikonfirmasi peristiwa itu membenarkannya. Ia mengatakan dalam peristiwa itu tidak ada satu pun penumpang yang mengalami luka.

“Seluruh penumpang dipastikan selamat. Saat ini, kedua pesawat tersebut sudah berada di apron sehingga tidak menganggu operasional Bandara Internasional Kualanamu,” ujar Andy melalui keterangan tertulis pada siang ini.

Ia mengaku lebih memilih untuk menunggu hasil penyelidikan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) sebelum mengatakan kepada publik penyebab dari peristiwa itu.

“Seharusnya, tim KNKT sudah tiba di bandara saat ini,” katanya lagi.

Ia menjelaskan total penumpang Wings Air IW 1252 mencapai 66 orang. Mereka akan diberikan kebijakan full refund di tempat atau penjadwalan ulang.

Sementara, penumpang Lion Air JT 197 mengangkut 144 penumpang akan diterbangkan menggunakan maskapai lain di Lion Group, entah Batik Air atau Lion Air di jadwal berikutnya pada hari ini.

Peristiwa tabrakan serupa juga pernah terjadi pada 4 April 2016 ketika pesawat maskapai Batik Air menabrak pesawat di Trans Nusa di Bandara Halim Perdanakusuma. Kondisi pesawat kedua maskapai ketika sama-sama mengalami kerusakan yang cukup parah. - Rappler.com