Sentil pengusaha, Jokowi: Mau wait and see sampai kapan?

 

JAKARTA, Indonesia — Presiden Joko “Jokowi” Widodo menyindir para pengusaha yang mengambil sikap wait and see menjelang pemilihan kepala daerah 2018 dan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019.

Para pengusaha tersebut, kata Presiden Jokowi, bertanya-tanya mengenai kepastian ekonomi di tahun-tahun politik tersebut sebelum memutuskan berinvestasi. “Pertanyaan saya sekarang, kalau mau wait and see sampai kapan?” kata Presiden Jokowi di Hotel Sahid Jakarta, Selasa 12 Desember 2017.

Presiden mengatakan hampir setiap tahun ada agenda politik. Ia mencontohkan pada 2014 ada pemilihan presiden dan wakil presiden. Setahun kemudian ada 150-an pilkada. Pada 2016, menurut Presiden, digelar 106 pilkada. Sementara pada 2018 akan digelar 171 pilkada dan pada 2019 nanti akan ada pilpres. “Apa mau wait and see lagi?” katanya.

Presiden meminta agar roda ekonomi terus bergerak meskipun pada saat yang sama ada agenda politik. Sebab ini bukan pertamakalinya pemilihan kepala daerah/presiden digelar di negara ini.

Yang kemarin juga baik-baik saja, aman-aman saja. Dan ekonomi kita kan juga tidak terpengaruh dengan pilkada yang kemarin kita jalankan,” kata Presiden Jokowi. —Rappler.com