Sketsatorial: Visi-misi Ahok-Djarot dalam Pilkada 2017

JAKARTA, Indonesia — Basuki Tjahaja Purnama dan Djarot Saiful Hidayat adalah pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta nomor urut 2. 

Siapa Basuki Tjahaja Purnama? Siapa pula Djarot Saiful Hidayat? Apa saja visi dan misi mereka dalam pilkada DKI Jakarta 2017 kali ini? 

Simak uraiannya dalam Sketsatorial Rappler Indonesia. 

Basuki Tjahaja Purnama, atau yang akrab dipanggil Ahok, merupakan calon gubernur petahana. Pada 14 November 2014, ia diumumkan secara resmi menjadi Gubernur DKI Jakarta menggantikan Joko “Jokowi” Widodo yang terpilih menjadi presiden. 

Lahir pada 29 Juni 1966 di Belitung Timur, Ahok merupakan sulung dari empat bersaudara. Ia merupakan sarjana teknik geologi dari fakultas teknik Universitas Trisakti, dan memperoleh gelar master manajemen di Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya. 

Sementara Djarot Saiful Hidayat adalah politisi PDI Perjuangan yang menjabat sebagai Wakil Gubernur DKI Jakarta sejak 17 Desember 2014. Lahir di Blitar pada 06 Juli 1962, Djarot sebelumnya adalah anggota DPR RI periode 2014–2019 dan Wali Kota Blitar periode 2000 hingga 2010. 

Pasangan Ahok-Djarot diusung oleh koalisi empat partai, yaitu Partai Golkar, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Partai Hanura, dan Partai Nasdem. 

Visi pasangan ini untuk Jakarta 2017–2022 adalah Jakarta sebagai etalase kota Indonesia yang modern, tertata rapi, manusiawi, dan fokus pada pembangunan manusia seutuhnya dengan kepemimpinan yang bersih, transparan, dan profesional. Adapun misinya dalam mewujudkan itu adalah: 

—Rappler.com

Sketsatorial adalah kolom mingguan Rappler tentang isu-isu penting yang dibahas dengan menggunakan video sketsa, dan dibuat oleh Iwan Hikmawan. Follow Iwan di Twitter @Sketsagram.

BACA JUGA: