SAKSIKAN: Aksi 300 drone di Countdown Asian Games 2018

JAKARTA, Indonesia - Panitia Countdown Asian Games dapat dikatakan sukses menggelar acara pada Jumat malam, 18 Agustus di Jakarta dan Palembang. Publik tersihir dengan penampilan hiburan yang disajikan selama sekitar dua jam.

Salah satu yang menyedot perhatian publik yakni ketika pertunjukkan aksi 300 drones yang menari udara. Diberi nama ‘Drone Light Show’, atraksi ini sukses membuat penonton termasuk Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berdecak kagum.

Denken diiringi Musik latar, 300 drone itu membentuk berbagai formasi, mulai dari kalimat Asian Games 2018, hingga ke bentuk burung Garuda dan bendera merah putih. Banyak yang bertanya-tanya bagaimana caranya menerbangkan ratusan drone di saat yang bersamaan dan membentuk berbagai formasi secara kompak.

Itu semua merupakan teknologi yang diciptakan oleh perusahaan teknologi Intel. Robot drone ciptaan Intel itu diberi nama ‘Shooting Stars’ dan dirakit menggunakan material styrofoam dan plastik berbobot ringan. Di tubuh drone dipasang lampu light emitting diodes (LED) agar dapat terlihat kelap-kelip seperti bintang.

Dengan teknologi ini, Intel mengklaim untuk menciptakan sebuah design, tidak lagi membutuhkan waktu selama berminggu-minggu, tetapi cukup selama beberapa hari saja. Semua drone itu dikendalikan oleh satu komputer dan operator bisa menciptakan lebih dari 4 miliar kombinasi warna. Perangkat keras dibuat sengaja lebih ringan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

Robot drone ini bisa terbang selama 20 menit dan tidak terlalu cepat sehingga sesuai untuk digunakan sebagai aksi pertunjukan. Intel sebelumnya sudah pernah memecahkan rekor dunia dengan menerbangkan 500 robot drone pada tahun 2016 lalu di Krailing, Jerman.

Bagi kalian yang ketinggalan menyaksikan aksi mengagumkan 300 drone “menari” di udara, simak melalui video berikut. - Rappler.com

BACA JUGA: