SAKSIKAN: Joint fly-past TNI AU dan Angkatan Bersenjata Singapura membentuk angka 50

JAKARTA, Indonesia - Puncak peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Singapura dilakukan di Marina Bay Cruise Center, Singapura pada Kamis sore, 7 September. Sebanyak 20 jet tempur F-16 dan Angkatan Bersenjata Singapura (RSAF) melakukan fly past yang disaksikan pemimpin kedua negara.

Untuk acara ini, Kepala Staf Angkatan Udara kedua negara ikut terjun langsung. KASAU Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala RSAF Mayor Jenderal Mervyn Tan ikut berada di dalam jet tempur F-16 tersebut.

Ada tiga formasi yang dilakukan oleh dua Angkatan Udara. Pertama, formasi anak panah (arrow head) dengan komposisi 10 pesawat F-16 RSAF berada di depan dan pesawat F-16 TNI AU berada di bagian belakang.

Formasi kedua yaitu membentuk angka ‘5’ dan ‘0’. TNI AU membentuk angka ‘5’ sedangkan RSAF membentuk formasi ‘0’. Komposisi itu dibuat sebagai tanda bahwa hubungan bilateral kedua negara telah terjalin selama 50 tahun,” ujar Kepala Biro Pers Istana, Bey Machmudin melalui keterangan tertulis.

Formasi terakhir, para penerbang RSAF menggunakan F-22 untuk menutup rangkaian fly past bersama Indonesia dengan Singapura. Selama formasi tersebut digelar, marching band dari militer kedua negara turut mengalun.

Di bagian akhir, perwakilan militer kedua negara menyerahkan memento. Perwakilan TNI AU menyerahkan memento kepada PM Lee, sebaliknya perwakilan RSAF memberikan memento kepada Presiden Jokowi. Berikut video penampilan fly past bersama yang diambil dari akun resmi Angkatan Bersenjata Singapura.

- Rappler.com