Barcelona akan bangun sekolah sepak bola di Palembang

 

PALEMBANG, Indonesia — Klub asal Spanyol, Barcelona, dilaporkan akan mendirikan sekolah sepak bola di Palembang, Sumatera Selatan, setelah menjajaki kerjasama dengan klub lokal Sriwijaya FC.

Perusahaan yang mengelola klub Catalan itu mengunjungi Palembang untuk menjalani kerjasama pelatihan sepak bola dengan PT Sriwijaya Optimis Mandiri, perushaan yang menaungi Sriwijaya TCL.

Manajer Sriwijaya FC Nasrun Umar mengatakan kerjasama ini merupakan business-to-business (B2B) yang akan menguntungkan kedua belah pihak.

"Klub Barcelona memiliki perusahaan yang dikhususkan mencari negara-negara di Asia yang memiliki kota potensial untuk mengembangkan pendidikan sepak bola. Sriwijaya FC dipilih karena mengamati Kota Palembang yang bergerak maju," kata Nasrun usai pertemuan di Palembang, Rabu, 16 Desember.

Untuk Asia, khususnya Indonesia, menurut Nasrun, baru Kota Palembang yang diajak kerjasama jangka panjang, yakni mendirikan akademi sepak bola Barcelona.

Namun Nasrun belum membicarakan rencana lebih detil terkait B2B ini bakal seperti apa. Hanya saja diketahui bahwa kerjasama ini terkait coaching clinic, coaching coach, talent scouting, coaching kids, dan semacamnya.

"Sriwijaya akan kirim beberapa pemain ke sana, jika sudah matang baru dikembalikan lagi ke Palembang, atau juga mereka yang akan ke sini. Awal tahun nanti akan tindak lanjuti rencana ini," jelas Nasrun.

Pada pertemuan dengan pihak Barcelona ini, Sriwijaya memberikan jersey tim untuk pemain Barcelona, Lionel Messi, dan pihak Barcelona memberikan jersey Messi untuk Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin.

"Sriwijaya tidak menutup diri dengan kemungkinan-kemungkinan kerjasama dengan tim-tim lain, apalagi seperti Barcelona yang sudah memiliki branded internasional," kata Nasrun. —Laporan Antara/Rappler.com

BACA JUGA: