Berita hari ini: Rabu, 18 Mei 2016

Indonesia wRap: Dari musisi Deddy Dores tutup usia hingga sanksi awal yang dijatuhkan Kemhub bagi Lion Air 

Musisi dan penyanyi Deddy Dores tutup usia pada Selasa, 17 Mei sekitar pukul 23:45 di Rumah Sakit Bintaro, Jakarta Selatan. Pria yang pernah mengorbitkan beberapa penyanyi ternama seperti Nike Ardilla meninggal akibat serangan jantung. 

Sementara, Kementerian Perhubungan akhirnya memberikan sanksi awal berupa pembekuan layanan ground handling bagi maskapai Lion Air dan Indonesia Air Asia selama 5 hari. Sanksi diberikan karena kedua maskapai itu melakukan kesalahan fatal dengan menurunkan penumpang dari Singapura di terminal kedatangan domestik di dua bandara berbeda.

Saksikan video rangkuman beritanya berikut: 

500 anggota babinsa awasi 430 desa di Bojonegoro

Pemilihan presiden masih tiga tahun lagi, tetapi Golkar, yang baru saja menyelenggarakan munas rekonsiliasi di Bali, sudah mulai menggadang-gadang jagoannya. Menariknya lagi, calon yang diusung ternyata bukan ketua umumnya, tetapi Presiden Joko "Jokowi" Widodo, 'lawan' politik mereka dalam pilpres 2014 lalu. 

Politisi Golkar Yorrys Raweyai mengatakan keputusan untuk mengusung Jokowi untuk periode kedua merupakan salah satu keputusan penting dalam Munaslub 2016.

“Jokowi sudah jalan bagus, dan kita sepakat untuk mengantarnya sesuai Undang-Undang, 2 periode," kata Yorrys.

Politisi senior itu tidak menyebutkan apakah Golkar akan menyodorkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Ketua Umum Golkar, untuk kembali berpasangan dengan Jokowi dalam pemilihan presiden pada 2019. Baca selengkapnya di Detik.com

KPK kalah lagi di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan

KPK kalah lagi dalam praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Foto oleh Hafidz Mubarak A/Antara

KPK kalah lagi dalam praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Foto oleh Hafidz Mubarak A/Antara

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kalah lagi dalam sidang praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Dalam sidang keputusan praperadilan pada Rabu, 18 Mei, hakim tunggal Nursyam menyatakan tidak sah keputusan KPK menetapkan Raijua Marthen Dira Tom, Bupati Sabu di Nusa Tenggara Timur, sebagai tersangka pada 30 Oktober 2014 lalu.

Nursyam juga memerintahkan KPK mengembalikan berkas Raijua Marthen Dira Tom ke Kejaksaan Tinggi NTT untuk dihentikan penyidikanya. 

"Permohonan pemohon dikabulkan, dan memerintahkan untuk kasus ini dihentikan," ujarnya.

Pada Februari 2015 lalu, hakim tunggal Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Sarpin Rizaldi menerima gugatan Budi Gunawan, yang saat itu dicaloinkan menjadi Kepala Polri, terkait penetapannya sebagai tersangka oleh KPK. Baca selengkapnya di Tempo.co

Penyanyi dan pencipta lagu Deddy Dores meninggal dunia

Penyanyi kawakan Deddy Dores mennggal dunia pada Selasa malam, 17 Mei. Foto: Antara

Penyanyi kawakan Deddy Dores mennggal dunia pada Selasa malam, 17 Mei.

Foto: Antara

Penyanyi kawakan Deddy Dores meninggal dunia di Rumah Sakit Internasional Bintaro, Tanggerang pada Selasa malam, 17 Mei.

Belum ada pengumuman resmi mengenai penyebab kematian pria kelahiran Surabaya, 28 November 1950 ini.

Deddy, yang selalu tampil dengan kacamata hitam, mengawali karir musiknya dengan membentuk band Rhapsodia tetapi masyarakat Indonesia lebih mengenalnya sebagai produser dan pencipta lagu untuk penyanyi Nike Ardilla.

Beberapa album yang dia keluarkan bersama Nike Ardilla adalah Bintang Kehidupan (1992) dan Sandiwara Cinta (1995). Baca berita selengkapnya di Tempo.co

6 nelayan Kupang diselamatkan kapal barang Australia

Para nelayan di Kupang, Nua Tenggara Timur menunjukkan hasil tangkapan mereka. Foto: Antara

Para nelayan di Kupang, Nua Tenggara Timur menunjukkan hasil tangkapan mereka.

Foto: Antara

Setelah 16 hari terombang-ambing di tengah laut, 6 nelayan asal Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur diselamatkan oleh kapal barang asal Australia: Great Perseus.

Nahkoda kapal Muhamad Safar mengatakan di Kupang pada Selasa, 17 Mei, bahwa mereka berlayar dari pada 29 April untuk mencari ikan di wilayah perbatasan dengan Australia. Ketika hendak kembali ke Kupang, mesin kapal kayu yang mereka tumpangi rusak.

“Kapal kami sempat bocor, sehingga mesinnya rusak dan kami pun terbawa arus. Tiba-tiba ada pesawat Australia yang melakukan patroli dan berputar-putar di atas kapal kami dan beberapa jam kemudian sebuah kapal asing yang mengangkut barang dari Australia dan hendak berlayar ke Jepang menghampiri kapal kami dan langsung menyelamatkan kami,” kata Safar. Baca berita selengkapnya di Kompas.com

Gerbong anjlok, perjalanan kereta api melambat 

KERETA API. Foto dari Wikimedia.org

KERETA API. Foto dari Wikimedia.

org

Kereta api dari Stasiun Manggarai ke Stasiun Sudirman atau sebaliknya terpaksa menggunakan satu jalur secara bergantían sebagai akhibat dari anjloknya gerbong kereta api listrik di antara ke dua stasiun tersebut.

Menurut Humas PT KCJ Eva Chairunnisa, jalur Bogor menuju Tanah Abang tetap bisa dilakukan tetapi harus mengantri sebelum masuk Stasiun Manggarai.

Pihak berwenang masih menyelidiki penyebab anjloknya kereta api tersebut. Baca selengkapnya di Kompas.com. - Rappler.com