Berita hari ini: Rabu, 11 Mei 2016

Indonesia wRap: Dari pembebasan 4 WNI hingga Menpora resmi mencabut sanksi bagi PSSI

Empat kru kapal tunda TB Henry dan tongkang Cristi akhirnya juga berhasil dibebaskan setelah diculik oleh kelompok bersenjata yang mengaku Abu Sayyaf selama hampir 2 bulan. Pembebasan itu dilakukan usai digelar pertemuan trilateral di Yogyakarta pada tanggal 5 Mei. Apakah pembebasan kali ini juga melibatkan uang tebusan? 

Kemudian, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi resmi mengumumkan pencabutan sanksi bagi organisasi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI). Langkah tersebut dilakukan karena menghargai FIFA, AFC (federasi sepak bola Asia) dan pecinta sepak bola Tanah Air. Simak video rangkuman beritanya berikut ini:

Pekan depan Jokowi kunjungi Rusia dan Korea Selatan 

Salah seorang pilot maskapai Lion Air yang tidak ingin disebut namanya mengungkapkan alasan sekitar 300 pilot melakukan mogok kerja pada Selasa, 10 Mei. Mereka mogok, karena uang transport yang seharusnya diberikan sejak Kamis pekan lalu, hingga hari Selasa kemarin belum juga diberikan. 

"Mereka menuntut hak atas uang transport yang telah ditransfer," ujar pilot tersebut melalui pesan pendek. 

Berdasarkan sistem yang berlaku di manajemen Lion Air, pemberian uang transport tidak sesuai keinginan pilot. Manajemen memberlakukan sistem reimburse untuk uang transport. Padahal, berdasarkan ketentuan di dalam kontrak kerja yang mereka tanda tangani, uang transport seharusnya dibayarkan di muka. 

"Pilot-pilot ini sampai menuntut sistem pembayaran uang transport diganti. Tetapi, setelah diganti, pembayarannya malah sering terlambat," kata pilot itu.

Lalu, apa kata manajemen Lion Air mengenai mogok kerja ratusan pilot yang sempat menyebabkan para penumpang terlantar di bandara? Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait melalui keterangan tertulis mengakui memang sempat ada masalah administrasi.

"Masalah administrasi tersebut sudah dapat diselesaikan dan operasional penerbangan sudah kembali normal. Ke depan, masih ada beberapa penerbangan yang terlambat, tetapi kami akan berusaha mengurangi keterlambatan tersebut," kata Edward. Baca berita selengkapnya di kompas.com 

Indonesia wRap Selasa, 10 Mei 2016: Dari pengungkapan nama-nama di Panama Papers hingga kerjasama Gojek dengan taksi Blue Bird

Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ) memutuskan untuk mengungkap seluruh nama pemilik perusahaan cangkang di negara-negara suaka pajak, pada Selasa dini hari WIB, 10 Mei. Berdasarkan bocoran data yang dimiliki ICIJ terdapat beberapa WNI di dalam dokumen tersebut. Siapa saja mereka?

Kemudian, setelah sempat terjadi aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh para pengemudi taksi, salah satu penyedia transportasi online Gojek dikabarkan menjalin kerjasama dengan taksi Blue Bird. Diduga kerjasama itu untuk menyaingi GrabTaxi.

Saksikan videonya berikut:

- Rappler.com