Berita hari ini: Sabtu, 13 Agustus 2016

Mantan Menteri Koperasi Adi Sasono meninggal dunia

Mantan Menteri Koperasi dan UKM, Adi Sasono, meninggal dunia pada Sabtu, 13 Agustus, siang. Hal tersebut disampaikan oleh politisi Partai Nasdem, Akbar Faizal, lewat Twitternya. 

Adi lahir di Pekalongan, Jawa Tengah, 16 Februari 1943 (umur 73 tahun). Ia adalah mantan Menteri Koperasi dan UKM pada era Kabinet Reformasi Pembangunan. Ia dikenal sebagai tokoh LSM dan berbagai aktivitas kemasyarakatan lainnya.

Selain itu ia juga merupakan tokoh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pers Mahasiswa Indonesia (IPMI), Pelajar Islam Indonesia (PII) dan ICMI.

3 peserta pramuka Jambore Nasional digigit kera

ILUSTRASI. Gubernur Maluku Said Assagaff (kanan) melepas anggota Pramuka Kwarda Maluku pada 3 Agustus, yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X/2016 di Cibubur, Jakarta. Foto oleh Izaac Mulyawan/Antara

ILUSTRASI. Gubernur Maluku Said Assagaff (kanan) melepas anggota Pramuka Kwarda Maluku pada 3 Agustus, yang akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) X/2016 di Cibubur, Jakarta.

Foto oleh Izaac Mulyawan/Antara

Tiga orang peserta Jambore Nasional diserang dan digigit seekor kera di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

“Ada tiga orang peserta pramuka yang menjadi korban dan telah diberikan pengobatan,” kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Awi Setiyono, Sabtu.

Peristiwa tersebut terjadi 2 hari berturut-turut pada Kamis dan Jumat, 10-11 Agustus. Kera menyerang dan menggigit Dewa Ate (14 tahun), anggota pramuka kontingen Nusa Tenggara Timur (NTT). Kemudian, keesokannya pada Jumat, kera juga menggigit 2 anggota pramuka lainnya, Natalia (13), kontingen Sulawesi Tenggara dan Hiska (14), asal Kalimantan Barat.

Ketiga korban telah mendapatkan tindakan medis berupa suntikan tetanus dan diberikan perawatan di Rumah Sakit Olahraga Nasional (RSON) Cibubur. Sementara kera tersebut ditembak dan dibius hingga pingsan. Selengkapnya di Detik.com.

BNN akan tempatkan perwakilannya di Tiongkok

DIMUTASI. Budi Waseso saat diperiksa di Komnas Ham bulan Januari 2015. Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

DIMUTASI. Budi Waseso saat diperiksa di Komnas Ham bulan Januari 2015.

Foto oleh Gatta Dewabrata/Rappler

Badan Narkotika Nasional (BNN) akan menempatkan beberapa personelnya di Komisi Nasional Pengendalian Narkotika Tiongkok (NNCC), guna memaksimalkan kerja sama kedua pihak dalam penanggulangan masalah narkoba.

"Kami berencana menempatkan perwakilan BNN di NNCC serta sebaliknya, untuk lebih mengefektifkan dan meningkatkan implementasi kerja sama yang telah berjalan sejak 2012," kata Kepala BNN Komjen Budi Waseso.

"Kerja sama kedua pihak telah berhasil mengungkap berbagai kasus besar penyelundupan narkoba melalui Tiongkok ke Indonesia. Karena itu kerja sama tukar menukar informasi intelijen di bidang narkotika akan kami tingkatkan agar lebih efektif dan efisien, termasuk penempatan perwakilan anggota BNN di Tiongkok," kata Budi.

Tiongkok merupakan salah satu pintu masuk peredaran gelap narkoba di Indonesia yang cukup besar, baik melalui laut maupun udara. Selengkapnya di Antara.

Indonesia wRap: Jumat, 12 Agustus

Dari Mendikbud bantah sanksi fisik hingga Menpora kecewa pada Manor

Menteri Pendidikan Muhadjir Effendy mengatakan sanksi fisik bagi siswa harus terukur, bukan pemukulan.

“Bukan berarti sanksi fisik seperti ditempeleng, atau dipukul,” kata Muhadjir. Sanksi fisik yang ia maksud adalah push up atau gerak jalan.

Sebelumnya diberitakan Muhadjir mentoleransi guru yang menempeleng siswanya di SMKN 2 Makassar. Guru tersebut kemudian dipukul oleh orangtua murid bersangkutan.

Sementara itu, Menteri Olahraga Imam Nahrawi mengaku kecewa dengan Manor Racing karena mendepak Rio Haryanto.

“Pemerintah menghendaki Rio Haryanto mengikuti balapan hingga akhir sesi F1 tahun 2016 seperti yang dijanjikan Dave Ryan dari Manor Racing,” kata Imam.

Pertamina beri sumbangan 5 juta euro dan manajemen Rio telah bayar 3 juta euro. Rio masih hutang 7 juta euro agar tetap bisa bertanding. Posisi Rio di Manor akan digantikan oleh Esteban Ocon.

—Rappler.com