Forum Umat Islam minta film ‘Pengkhianatan G30S/PKI’ ditayangkan lagi

JAKARTA, Indonesia — Forum Umat Islam (FUI) meminta pemerintah untuk memutar kembali film Pengkhianatan G30S/PKI di Televisi Republik Indonesia (TVRI).

"FUI meminta film G30S/PKI diputar kembali di TVRI, biar anak muda kita mengerti," kata Sekretaris Jenderal FUI Ahmad Al Khattah saat memberi sambutan di acara silaturahmi purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan ormas Islam di Balai Kartini, Jakarta, Jumat, 13 Mei. 

Forum ini digelar untuk merespons isu terkini mengenai kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Akhir-akhir ini marak ditemukan logo palu arit yang dipercaya sebagai salah satu indikasi kebangkitan PKI di sejumlah daerah di Indonesia. Aparat kemudian menangkapi para pemakai kaus berlambang palu arit maupun penjualnya untuk dimintai keterangan.

Film Pengkhianatan G30S/PKI karya sutradara Arifin C Noer adalah film yang disponsori pemerintahan Orde Baru pimpinan Suharto yang diproduksi pada 1984. Naskah film ini ditulis oleh Arifin C Noer, diproduseri oleh G Dwipayana, dan dibintangi Amoroso Katamsi, Umar Kayam, dan Syubah Asa. 

Film ini diputar selama 13 tahun hingga kejatuhan Orde Baru. Selama itu pula, film in wajib ditonton oleh semua anak-anak sekolah pada zaman Suharto setiap 30 September malam. 

Peraturan wajib menonton film tersebut kemudian dihapuskan sejak Suharto lengser pada Mei 1998. —Rappler.com