Kesaksian Freeport hingga Film Senyap selangkah lagi masuk nominasi Piala Oscar

JAKARTA, Indonesia—Sidang Mahkamah Dewan Perwakilan Rakyat untuk kasus pencatutan nama Presiden Joko “Jokowi” Widodo dalam negosiasi Freeport oleh politisi Golkar Setya Novanto kembali digelar, Kamis kemarin, 3 Desember. Kali ini sidang menghadirkan Presiden Direktur PT FI Maroef Sjamsoeddin sebagai saksi. 

Di hari yang sama penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi Novel Baswedan digelandang oleh Polda Bengkulu, daerah mulai mempersiapkan Pilkada serentak pada 9 Desember nanti, Piala Jenderal Sudirman, hingga kabar film Senyap selangkah lagi masuk nominasi Piala Oscar tahun 2016. 

Berikut rangkuman berita sepanjang hari kemarin: 

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia bersaksi di sidang MKD 

Anggota MKD memanggil Presiden Direktur PT FI Maroef Sjamsoeddin untuk memberi kesaksian.

Maroef mengaku telah menyerahkan telepon genggam yang digunakan untuk merekam percakapannya dengan Setya ke Jaksa Agung.

Di sidang itu Maroef juga mengungkap bahwa pengusaha Muhammad Riza Chalid. 

Baca selengkapnya di sini. 

Penyidik KPK Novel Baswedan digelandang ke Bengkulu 

Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Novel Baswedan saat ini dikabarkan sedang dalam penerbangan ke Bengkulu. Pagi tadi, ia datang ke Bareskrim Polri untuk pelimpahan tahap kedua kasus yang menjeratnya.

Novel diperiksa atas tuduhan penganiayaan terhadap pencuri sarang burung walet 10 tahun silam. Setelah dari Bareskrim, Novel ke Kejaksaan Agung untuk proses pelimpahan kedua kasus ini.

Baca selengkapnya di sini. 

Pilkada serentak: Tangsel, wilayah belum bertuan 

Enam hari lagi, dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015, warga Kota Tangerang Selatan akan memilih wali kotanya.

Pilkada Tangsel akan diramaikan oleh tiga bakal pasangan calon. Wali kota petahana Airin Rachmy Diany kembali maju menggandeng wakilnya saat ini, Benjamin Davnie.

Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ada di belakang pasangan Airin-Davnie.

Menantang mereka, ada pasangan Ikhsan Modjo-Li Claudia Chandra yang diusung Partai Demokrat dan Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), serta Arsid-Elvier Ariadiannie Soedarto Poetri yang mengantongi dukungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) dan Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Simak ulasan lengkap Pilkada Tangsel di sini. 

Babak besar Piala Jenderal Sudirman

Pada Kamis telah dilakukan pengundian babak delapan besar Piala Jenderal Sudirman.

Delapan tim peserta dibagi ke dalam dua grup.

Lihat grafiknya di sini. 

Film Senyap selangkah lagi menuju nominasi Piala Oscar 2016

The Look of Silence alias Senyap, film besutan sutradara asal Amerika Serikat Joshua Oppenheimer berpeluang masuk daftar nominasi Piala Oscar tahun 2016 untuk kategori film dokumenter.

Senyap bersaing dengan 14 film dokumenter lainnya dari seluruh dunia. Nominasi sepenuhnya akan diumumkan pada Januari 2016, sebelum malam penghargaan Piala Oscar yang baru akan dilaksanakan pada 28 Februari 2016.

Baca selengkapnya di sini. —Rappler.com