Saingi Go-Jek, GrabTaxi luncurkan layanan kirim barang GrabExpress

JAKARTA, Indonesia — Persaingan layanan pengiriman on-demand di Indonesia semakin memanas dengan hadirnya GrabExpress, layanan pengiriman yangmenggunakan GrabBike dari GrabTaxi. 

Secara langsung, GrabExpress akan bersaing dengan layanan Go-Send dari Go-Jek.

Namun hingga tulisan ini diturunkan, layanan pengiriman GrabExpress masih dalam tahap beta. Untuk bisa menggunakannya, pastikan kamu telah memasang aplikasi GrabTaxi versi terbaru. Setelah itu, barulah kamu bisa melihat ikon GrabExpress di dalam aplikasi GrabTaxi.

GrabExpress bisa kamu gunakan untuk mengirim dokumen, jas hujan, atau barang-barang lain dengan ukuran maksimal 25 cm x 32 cm x 12 cm dengan berat maksimal 5 kg. 

Apabila terjadi kerusakan selama proses pengiriman oleh GrabExpress, pengguna akan mendapat asuransi hingga Rp 2 juta.

GIF dari Tech in Asia

Untuk saat ini, GrabExpress baru bisa melayani penjemputan dan pengantaran barang di beberapa wilayah di Jakarta, seperti Sudirman, Senayan, SCBD, Thamrin, Kuningan, dan Kemang. 

Dengan pilihan lokasi yang terbatas dan pengiriman menggunakan roda dua (GrabBike), GrabExpress mencoba mencuri perhatian pasar dengan promo tarif datar Rp 5.000 dengan kode GRABEXPRESS selama tanggal 23 November hingga 7 Desember 2015.

Strategi serupa juga telah diterapkan saat peluncuran GrabBike, layanan transportasi ojek dari GrabTaxi. 

Pertanyaannya adalah apakah strategi tersebut akan berjalan mulus? Mengingat Go-Jek telah lama hadir, serta tidak hanya menyediakan layanan pengiriman dengan roda dua, tapi juga dengan moda transportasi yang lebih besar seperti van dan truk. —Rappler.com

Tulisan ini sebelumnya diterbitkan di Tech in Asia.

BACA JUGA: