Stakeholder perfilman Tanah Air luncurkan iklan layanan masyarakat anti pembajakan film

JAKARTA, Indonesia - Perilaku pembajakan ini disikapi oleh stakeholder perfilman yaitu Asosiasi Produser Film Indonesia (APROFI) bekerjasama dengan Motion Pictures Association (MPA), Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf), Cinema XXI, CGV, dan Cinemaxx dengan membuat iklan anti pembajakan film sebagai bentuk sosialisasi pentingnya menghargai hak kekayaan intelektual.

Iklan tersebut nantinya akan diputar di bioskop-bioskop dan di sosial media. Tema dari film Filosofi Kopi pertama kali digunakan untuk iklan ini dibintangi dan Chicco Jerikho, Bebeto dan Tio Pakusadewo. 

"Semoga inisiatif ini bisa memberikan kesadaran kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembajakan," ujar Angga Sasongko, Ketua Bidang Advokasi kebijakan Publik APROFI yang hadir di press conference launching iklan layanan masyarakat anti pembajakan di Lounge XXI, Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa, 14 Maret.

Langkah ini merupakan usaha keempat pemberlakuan Peratuan Bersama Menkumham No.14 tahun 2015 dan Menkominfo No.26 tahun 2015 tentang pelaksanaan penutupan konten dan atau hak akses pengguna pelanggaran hak cipta dan atau hak terkait dalam sistem elektronik yang merupakan turunan dari UU No 28 tentang Hak Cipta. 

Situs penyedia konten bajakan perlu diwaspadai oleh pengguna internet. Situs ilegal bisa menyebabkan kerugian Rp 4 miliar dari satu film. Perbuatan pembajakan film akan menempuh jalur hukum seperti yang sudah diatur di pasal 113 dan pasal 114 UU Hak Cipta. -Rappler.com