Indonesia wRap: 28 Agustus 2015

JAKARTA, Indonesia — Vester Lee Flanagan, atau Bryce Williams, menembak dirinya sendiri beberapa jam setelah membunuh Alison Parker dan Adam Ward, wartawan WDBJ7, televisi lokal Virginia. Setelah menyelenggarakan Piala Kemerdekaan, Menpora Imam Nahrawi akan melaksanakan Liga Santri Nusantara (LSN). 

Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengatakan biaya membangun situs web revolusimental.go.id Rp 200 juta, bukan Rp 140 miliar seperti yang diberitakan berbagai media belakangan ini. Pengguna iPhone kini bisa chatting lewat komputer yang tersinkronisasi ke telepon pengguna menggunakan WhatsApp Web

Amnesty International tagih janji Jokowi untuk pulangkan Syiah Sampang

Memperingati tiga tahun terusirnya komunitas Syiah Sampang dari kampung halaman mereka pada 26 Agustus 2015 kemarin, Amnesty International mendesak Presiden Joko "Jokowi" Widodo untuk segera menepati janjinya memulangkan mereka ke kampung halaman. 

"Pemerintahan saat ini dan sebelumnya sama-sama telah menjanjikan kembalinya komunitas Syiah Sampang ke kampung halaman mereka, namun hingga saat ini belum ada tindakan nyata," kata campaigner Amnesty International wilayah Indonesia, Timor Leste, Asia Tenggara dan Pasifik, Josef Roy Benedict. 

Keadaan para pengungsi Syiah asal Sampang ini bisa dibaca di Rappler.com

Penembak dua jurnalis Virginia bunuh diri

Vester Flanagan, penembak dua jurnalis televisi lokal Virginia

Vester Lee Flanagan, atau Bryce Williams, menembak dirinya sendiri beberapa jam setelah membunuh Alison Parker dan Adam Ward, wartawan WDBJ7, televisi lokal Virginia. Mereka ditembak dalam jarak dekat saat mewawancarai Direktur Kamar Dagang Smith Mountain Lake, Vicki Gardner. Vicki terluka dalam peristiwa itu. 

Malam doa diselenggarakan bagi ketiga korban di Bethlehem United Methodist Church di Moneta, Rabu malam.  Mereka yang hadir menyalakan lilin dan mengatur lilin tersebut membentuk hati di halaman gereja.  "Kenyataannya adalah kita hidup dalam dunia yang tidak sempurna, dan orang melakukan hal-hal yang buruk dan salah," kata Pastur Tony Gray pada WDBJ7. "Tentunya kita mengerti ini bisa saja terjadi, tapi tidak mengira bisa terjadi sangat dekat dengan kita."

Berita selengkapnya bisa dibaca di Rappler.com.

Menpora gelar Liga Santri Nusantara

LIGA SANTRI NUSANTARA. Sesmenpora Alfitra Salam membuka Workshop Sepak Bola U-17 Liga Santri Nusantara Piala Menpora RI. Foto dari twitter @ligasantrinas

LIGA SANTRI NUSANTARA. Sesmenpora Alfitra Salam membuka Workshop Sepak Bola U-17 Liga Santri Nusantara Piala Menpora RI.

Foto dari twitter @ligasantrinas

Setelah menyelenggarakan Piala Kemerdekaan, Menpora Imam Nahrawi akan menggelar Liga Santri Nusantara (LSN). 

“Ke depan kami berharap, santri tidak hanya identik dengan kitab, tapi juga harus berprestasi di bidang olahraga. Pesantren harus mengajarkan kejujuran, kesederhanaan dan keikhlasan yang harus dicontoh atlet lain,” kata Sesmenpora Alfitra Salam.

Keseriusan Menpora mengembangkan LSN ini bisa dibaca di Rappler.com

 

Anggaran revolusimental.go.id Rp 200 juta, bukan Rp 140 miliar

Screen capture dari Revolusimental.co.id

Screen capture dari Revolusimental.co.

id

Kementerian Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan bantah mengeluarkan Rp 140 miliar untuk membangun website revolusimental.go.id yang hanya sempat tayang selama dua hari. Website  ini diberitakan diserang hacker, dan tidak bisa lagi diakses. 

"Terkait anggaran, yang ada di polemik Rp 140 miliar untuk membuat website, itu tidak benar," kata Sekretaris Menko Sugihartatmo seperti dikutip Kompas.com

"Kami tidak tahu itu angka dari mana. Angka sebenarnya dalam APBN-P 2015 untuk revolusi mental itu sebesar Rp 149 miliar."

Dari anggaran tersebut, Rp 200 juta dialokasikan untuk membangun situs. Baca selengkapnya di Rappler.com

Pengguna iPhone akhirnya bisa menggunakan WhatsApp Web

Foto oleh Andrew Gombert/EPA

Tujuh bulan setelah diluncurkan, WhatsApp Web akhirnya bisa digunakan oleh pengguna iPhone. 

Pada awal peluncuran, 21 Januari 2015, hanya telepon genggam dengan sistem operasi Android, Blackberry dan Windows yang bisa menggunakan WhatsApp Web ini di komputer mereka. Baru belakangan layanan ini tersedia bagi pengguna iPhone. 

Dengan akun yang sama yang digunakan di dua perangkat, pesan yang dikirim atau diterima sinkron antara telepon genggam dan komputer. Semua pesan yang masuk atau dikirim melalui komputer tampil juga di aplikasi WhatsApp di telepon genggam, dan sebaliknya. 

Cara menggunakan WhatsApp Web bisa dibaca di sini. — Rappler.com 

Dapatkan wRap di emailmu