Indonesia wRap: Aksi mogok nasional para buruh, HMI minta maaf


Seratusan ribu buruh ke luar pabrik untuk mogok kerja serentak di pelbagai kawasan industri di Tanah Air, mulai Selasa, 24 November.


Sebagian turun ke jalan untuk meneriakkan yel-yel pencabutan Peraturan Pemerintah No. 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Sebagian lainnya mematikan mesin produksi dan berkumpul bersama-sama di pelataran pabrik untuk menutut hal serupa.

Mereka kompak mogok kerja secara serentak mulai dari kawasan industri di Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, sampai Jawa Timur dan Makassar. Lihat foto-fotonya di sini.

Sementara itu, pengusaha dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menolak membayar upah buruh mereka yang ikut mogok nasional. Berita selengkapnya.

Pengurus Besar HMI meminta maaf
Pengurus Besar HMI meminta maaf kepada pemerintah dan masyarakat Riau atas kerusuhan dan keresahan yang dibuat oknum anggotanya.

"Saya sebagai Ketua Umum PB HMI memohon maaf sebesar-besarnya kepada warga dan pemerintah Riau, masyarakat Indonesia, dan umat Islam sekalian akan rentetan kasus yang terjadi di Kongres Pekanbaru," kata Ketua PB HMI Muhammad Arief Mursyid, Selasa, 24 November. Baca selengkapnya.

Penyebab jatuhnya AirAsia QZ8501
Komite Nasional Keselamatan Transportasi mulanya akan mengumumkan secara resmi penyebab jatuhnya AirAsia QZ8501 hari ini. Tapi mereka menunda pengumuman hingga Rabu, 1 Desember 2015. 

Apa penyebab jatuhnya pesawat? Salah satu dugaan awal adalah pilot tak berada di kokpit saat detik-detik jatuhnya pesawat. Selain itu, terungkap pula bahwa pilot meminta opsi rute karena cuaca buruk. Namun kita harus sabar menunggu hingga 1 Desember untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi. Baca selengkapnya.

Bandung jadi tuan rumah peringatan hari anti-korupsi sedunia 2015
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menyelenggarakan peringatan hari anti-korupsi sedunia pada Desember mendatang. Kota Bandung dipilih sebagai kota penyelenggaraan peringatan yang bakal menghabiskan anggaran KPK sebanyak Rp 2 miliar ini.

Padahal berdasarkan survei yang dilakukan oleh Transparency International, indeks persepsi korupsi Bandung berada di posisi terbawah dari 11 kota di seluruh Indonesia, dengan skor hanya 39 poin. Baca selengkapnya

Keterlibatan Australia dalam pembantaian massal tahun 1965
Sebuah tulisan oleh asisten peneliti Monash University Marlene Millott di situs International Affairs memaparkan bagaimana rentetan hubungan antara pemerintah Australia dan Indonesia yang disebut "bahu-membahu" dalam menyingkirkan anggota PKI dan simpatisannya.

Dalam tesisnya, Millott menyebut, setelah peristiwa 30 September 1965, negara-negara Barat solid mendukung militer Indonesia dalam menumpas PKI. Amerika Serikat dan Inggris sebagai negara adidaya saat itu didukung sekutu mereka, Australia. Baca selengkapnya. —Rappler.com