Isu-isu sosial di panggung Oscars 2016

JAKARTA, Indonesia — Di balik gemerlapnya ajang Academy Awards ke-88 di Dolby Theater, Los Angeles, California, pada Senin pagi, 29 Februari WIB, terselip beberapa pesan yang disampaikan para penerima penghargaan dalam pidato mereka.

Pembawa acara Chris Rock pun turut menyelipkan isu diskriminasi rasial di sela-sela lawakannya saat membuka perhelatan yang dimulai pada pukul 08:30 WIB tersebut.

Sementara penyanyi Sam Smith menyampaikan dukungan sekaligus kebanggaannya atas komunitas lesbian, gay, biseksual, dan transgender (LGBT) di seluruh dunia saat menerima penghargaan untuk kategori Best Original Song.

Pemenang kategori Performance by an Actor in a Leading Role Leonardo DiCaprio membahas tentang perubahan iklim dalam pidato penerimaannya.

Sementara Lady Gaga menampilkan lagu Til It Happens To You sebagai tribute untuk para korban kekerasan seksual.

Berikut pesan-pesan yang disampaikan para bintang di panggung Academy Awards ke-88.

Chris Rock

Relive Chris Rock's highly anticipated #Oscars opening monologue presented by Samsung Mobile USA. Posted by ABC Television Network on Sunday, 28 February 2016

Dalam pembukaan Oscars, pembawa acara Chris Rock mengangkat isu diskriminasi rasial yang dikampanyekan lewat #OscarsSoWhite serta boikot yang dilakukan pasangan Will Smith dan Jada Pinkett Smith.

Pasangan suami istri tersebut merasa penyelenggaraan Academy Awards didominasi oleh sineas berkulit putih.

Bahkan Chris Rock tidak ragu menyebutkan nama Jada Pinkett Smith dalam monolognya.

“Semua orang marah. Jada [Pinkett Smith] marah. […] Jada memboikot Oscars itu seperti saya memboikot pakaian dalam Rihanna. Artinya, saya tidak diundang,” tutur Chris mengundang gelak tawa para hadirin.

Nama suami Jada, Will Smith, juga masuk sebagai bahan monolog Chris.

“Tidak adil bagi Will Smith yang telah berperan sangat baik (dalam film Concussion) dan tidak mendapatkan nominasi. Tapi tidak adil juga, Will mendapatkan 20 juta dolar untuk film Wild Wild West,” tambahnya.

Sam Smith

Jimmy Napes and Sam Smith bring home the Oscar for Best Original Song! Watch this Music Moment Thx2 AT&T! Posted by ABC Television Network on Sunday, 28 February 2016

Saat memberikan pidato kemenangannya untuk kategori Best Original Song, Sam Smith mengingatkan kembali pada kenyataan bahwa belum ada satu pun pria gay yang memenangkan Oscar.

“Saya ingin mendedikasikan kemenangan ini untuk komunitas LGBT di seluruh dunia. Saya berdiri di sini sebagai pria gay yang bangga. Dan saya harap kita bisa berdiri bersama-sama suatu hari nanti,” kata penyanyi yang mendapat penghargaan lewat soundtrack film Specter tersebut.

Leonardo DiCaprio

"I do not take tonight for granted." - @LeoDiCaprio on first #Oscar win. https://t.co/aYPinAW8CL #Oscars https://t.co/wz33SAZPes — Good Morning America (@GMA) February 29, 2016

 

Setelah berhasil memenangkan Piala Oscar untuk pertama kalinya sejak karier filmnya dimulai pada 1993, Best Actor in a Leading Role Academy Awards ke-88 Leonardo DiCaprio tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menyuarakan aspirasinya tentang kondisi iklim dunia.

Leo mengawali pidatonya dengan berterima kasih kepada seluruh aktor dan aktris di ruangan, yang disambung dengan ungkapan rasa hormatnya kepada lawan mainnya Tom Hardy; sutradara The Revenant yang juga mendapatkan Piala Oscar, Alejandro Innaritu; serta orang-orang yang berjasa sejak awal kariernya.

The Revenant adalah hasil dari usaha tanpa lelah yang dilakukan cast dan kru terbaik,” tutur Leo.

Setelah berterima kasih, Leo yang kerap berbicara tentang isu lingkungan tidak lupa menyampaikan pesan tentang perubahan iklim.

The Revenant merupakan film tentang hubungan manusia dengan alam. Pada 2015, bumi kita mencapai temperatur terpanas dalam sejarah,” kata Leo membuka penjelasannya tetang perubahan iklim.

“Proses produksi The Revenant harus pindah ke wilayah selatan bumi ini hanya untuk menemukan salju. Perubahan iklim benar-benar terjadi saat ini. Perubahan iklim benar-benar merupakan ancaman bagi seluruh spesies, dan kita harus bekerja bersama-sama untuk mencegahnya. Kita harus mendukung para pemimpin di seluruh dunia tidak menyuarakan suara orang-orang yang menghasilkan polusi, melainkan para pemimpin yang berbicara tentang kemanusiaan dan masyarakat adat di seluruh dunia, serta milyaran orang tak berdaya yang mendapatkan efek dari perubahan iklim ini. Untuk anak dari anak-anak kita, dan untuk mereka yang dibungkam oleh ketamakan politis. Saya berterima kasih untuk penghargaan malam ini.”

Leo menutup pidatonya dengan kalimat serangkaian kalimat yang powerful. Let us not take this planet for granted. I do not take this for granted. Thank you very much. (Jangan kita  menganggap remeh planet ini. Saya tidak meremehkan ini [masalah lingkungan]. Terima kasih.).”

Lady Gaga

Lady Gaga delivers a powerful performance of "Til It Happens To You." Relive this #Oscars Music Moment Thx2 AT&T: bit.ly/music_moments Posted by ABC Television Network on Sunday, 28 February 2016

Wakil presiden AS Joe Biden memanggil penyanyi Lady Gaga untuk tampil di atas panggung Oscar, di hadapan para pelaku industri film, menyanyikan lagu Til It Happens To You.

Lady Gaga yang mengenakan gaun bergaya jumpsuit berwarna putih memainkan grand piano berwarna putih dengan suara yang powerful seperti biasanya.

Lagu tersebut ditujukan sebagai tribut untuk para korban kekerasan seksual. Bahkan, penampilan tersebut juga dimeriahkan oleh kehadiran para survivors yang menemani Lady Gaga di atas pentas.

—Rappler.com

 BACA JUGA