Hasil lengkap babak 16 besar Liga Champions 2015/2016

JAKARTA, Indonesia (UPDATED) — Laga sepakbola antar klub Eropa Liga Champions telah memasuki babak 16 besar.

Berikut jadwal lengkap pertandingan babak 16 besar Liga Champions musim 2015/2016:

Siapakah yang akan melaju ke babak delapan besar?

Simak hasil pertandingan babak 16 besar klub-klub papan atas Eropa di sini:

Kamis, 17 Maret 2016

Bayern München vs Juventus

Skor akhir: 4-2

Jalannya pertandingan: Bayern Muenchen yang sempat tertinggal lebih dulu berhasil membalikkan keadaan dan akhirnya menundukkan Juventus dengan skor 4-2 dalam laga kedua babak 16 besar Liga Champions di Stadion Allianz Arena.

Juventus membuka keunggulan cepat lewat gol Paul Pogba. Si Nyonya Tua memperbesar keunggulan menjadi 2-0 setelah gol dari Juan Cuadrado.

Robert Lewandowski memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit 73. Thomas Mueller berhasil menggetarkan jala gawang Gianluigi Buffon dan menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Gol itu memaksa laga dilanjutkan ke babak tambahan. Thiago menunjukkan tajinya saat babak tambahan kedua baru berjalan tiga menit.

Mimpi buruk Juventus kian nyata saat Coman membunuh laga tersebut bagi mereka, dua menit setelah gol Thiago.

Muenchen bergabung dengan tujuh tim lain yang sudah lebih dahulu melaju ke perempat final, yaitu Real Madrid, VfL Wolfsburg, Benfica, Paris Saint-Germain, Manchester City, Atletico Madrid, dan Barcelona.

Barcelona vs Arsenal

Skor akhir: 3-1

Jalannya pertandingan: Trio penyerang Barcelona, yakni Neymar, Luis Suarez, dan Lionel Messi masing-masing menjadi pencetak gol saat timnya menang 3-1 atas Arsenal, yang mengirim klub Spanyol itu menuju perempat final Liga Champions, dengan kemenangan agregat 5-1.

Neymar membuka gol pada babak pertama. Suarez melepaskan sepakan voli ke sudut gawang Arsenal pada menit ke-65.

Messi menutup kemenangan Barca dua menit sebelum pertandingan.

Rabu, 16 Maret 2016

Manchester City vs Dynamo Kiev

Skor akhir: 0-0 (Agregat 3-1)

Jalannya pertandingan: Manchester City menjadi satu-satunya perwakilan klub Inggris di babak perempat final Liga Champions setelah menahan imbang tanpa gol tamunya Dynamo Kiev di Etihad Stadium.

Tim asuhan Manuel Pellegrini tersebut melaju ke babak perempat final dengan agregat 3-1.

Atletico Madrid vs PSV Eindhoven

Skor akhir: 0-0 (8-7 penalti)

Jalannya pertandingan: Setelah dua pertandingan berakhir imbang tanpa gol, Atletico Madrid akhirnya memastikan langkah ke babak perempat final Liga Champions setelah mengalahkan wakil Belanda PSV Eindhoven lewat adu penalti.

Atletico berhasil memenangkan babak tos-tosan dengan skor 8-7, setelah penyerang PSV Eindhoven Luciano Narsingh menjadi satu-satunya penendang yang gagal dari 16 pemain yang menjadi algojo dalam adu penalti tersebut.

Kamis, 10 Maret 2016

Chelsea vs Paris St. Germain

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Paris Saint-Germain (PSG) berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor 2-1 (agregat 4-2) pada leg kedua 16 besar Liga Champions di Stamford Bridge, London, Kamis dini hari, 10 Maret.

Kemenangan ini mengantar PSG menyusul Real Madrid, Wolfsburg, dan Benfica ke perempatfinal Liga Champions. 

PSG pantas berterima kasih atas kinerja Zlatan Ibrahimovic yang mencetak satu gol dan satu assist atas gol Adrien Rabiot. Sementara gol Chelsea disumbang Diego Costa.

Zenith St. Petersburg vs Benfica

Skor akhir: 1-2

Jalannya pertandingan: Klub Rusia Zenith St. Petersburg gagal melaju ke babak perempat final Liga Champions setelah dikalahkan Benfica 1-2 di depan publiknya sendiri.

Zenith sempat unggul 1-0 terlebih dahulu lewat gol Hulk pada menit 69.

Namun Benfica berhasil membalikkan keadaan lewat gol Gaitan pada menit 85 dan gol Talisca pada menit 90+5.

Hasil tersebut membuat Benfica lolos ke babak perempat final dengan agregat 3-1.

Rabu, 9 Maret 2016

VfL Wolfsburg vs Gent

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Wolfsburg berhasil mengalahkan Gent dan melaju ke babak perempat final Liga Champions dengan agregat 4-2.

Gol tunggal Wolfsburg di kandang dicetak oleh Schuerrle pada menit 74.

Real Madrid vs AS Roma

Skor akhir: 2-0

Jalannya pertandingan: Real Madrid kembali kalahkan AS Roma dalam pertandingan di Santiago Bernabeu dengan skor 2-0.

Gol pertama dicetak oleh Cristiano Ronaldo pada menit 64. Sedangkan gol penutup dicetak James Rodriguez empat menit kemudian.

Dengan hasil tersebut, Real Madrid lolos ke babak selanjutnya dengan agregat 4-0.

Kamis, 25 Feb 2016

PSV Eindhoven vs Atletico Madrid

Skor akhir: 0-0

Jalannya pertandingan: Atletico unggul tipis penguasaan bola sebesar 51 persen dan melakukan empat kali tendangan tepat sasaran. Sementara PSV hanya melakukannya sekali.

Pemain Atletico Diego Godin berhasil menggetarkan gawang PSV pada menit ke-62, namun wasit menganulirnya karena Godin terlebih dahulu melakukan pelanggaran sebelum menyarangkan bola.

Tim tuan rumah harus bermain dengan 10 pemain setelah Gaston Pereiro diganjar kartu kuning kedua akibat menyikut Godin kala melakukan duel bola udara.

Hingga pertandingan usai, tak satupun gol tercipta. Dengan hasil ini, Atletico wajib mememengkan laga selanjutnya agar bisa lolos ke babak perempatfinal. Sementara PSV hanya butuh hasil imbang 1-1 untuk melaju ke babak delapan besar.

Dynamo Kiev vs Manchester City

Skor akhir: 1-3

Jalannya pertandingan: Manchester City mampu mencuri gol pada menit ke-15 lewat aksi Sergio Aguero. Lima menit jelang babak pertama berakhir, Silva menambah keunggulan menjadi 2-0.

Memasuki babak kedua, Kiev memperkecil ketertinggalan pada menit ke-59 lewat gol Vitaliy Buyalskyy.

Jelang pertandingan berakhir, Toure akhirnya mencetak gol usai melakukan tusukan ke kotak penalti Kiev dan melesakkan tembakan akurat yang menggetarkan gawang tim tuan rumah untuk ketiga kalinya.

Hingga pertandingan berakhir, keunggulan 3-1 City tetap bertahan. 

Hasil tersebut membuat langkah City menjadi lebih ringan untuk lolos ke babak selanjutnya. Di leg kedua nanti, City memiliki banyak tabungan gol agregat sehingga cukup sulit untuk Kiev untuk membalikkan keadaan.

Rabu, 24 Februari 2016

Arsenal vs Barcelona

Skor akhir: 0-2

Jalannya pertandingan: Arsenal gagal memetik kemenangan saat menjamu Barcelona di Emirates Stadium, London.

Setelah babak pertama berakhir tanpa gol, Lionel Messi membuka kemenangan El Barca pada malam itu lewat golnya pada menit 71.

Pada menit 83, Messi menggandakan kemenangan Barcelona lewat tendangan penalti.

Hasil tersebut membuat perjalanan Arsenal untuk melaju ke babak perempat final semakin berat, karena harus mengejar dua gol agregat di Camp Nou Stadium pada 17 Maret mendatang.

Juventus vs Bayern Munich

Skor akhir: 2-2 

Jalannya pertandingan: Juventus ditahan imbang tamunya Bayern Munich dalam pertandingan leg pertama Liga Champions.

Si Nyonya Besar sempat tertinggal dua gol, setelah Mueller dan Robben mencetak gol pada menit 43 dan 55.

Gol balasan pertama dari Juventus dicetak Dybala pada menit 63. Skor imbang didapatkan setelah Sturaro ikut menyumbangkan satu gol pada menit 76.

Dengan agregat 2-2, Juventus harus memenangkan pertandingan di Allianz Arena pada 17 Maret nanti.

Kamis, 18 Februari 2016

Gent vs VFL Wolfsburg

Skor akhir: 2-3

Jalannya pertandingan: Julian Draxler mencetak dua gol yang mengantar Wolfsburg mengalahkan Gent 2-3 di kandang klub asal Belgia itu.

Selain Draxler, Maximilian Kruse juga ikut menambah keunggulan Wolfsburg pada babak kedua.

Sementara dua gol Gent dibukukan Sven Kums dan Kalifa Coulibaly pada akhir babak kedua.

AS Roma vs Real Madrid

Skor akhir: 0-2

Jalannya pertandingan: Real menggasak AS Roma dua gol tanpa balas di Stadion Olympico, Roma.

Dua gol tersebut dicetak Cristiano Ronaldo di menit ke-57. Empat menit jelang bubaran, giliran Jese Rodriguez menambahkannya.

Kemenangan besar itu membuat tugas mereka di Santiago Bernabeu, kandang Real, bakal lebih mudah. Hasil seri atau kalah 0-1 saja sudah membawa Sergio Ramos dan kawan-kawan ke babak delapan besar.

Sebaliknya, jalan Roma di Liga Champions bakal sangat berat. Mereka harus menang di ibu kota Spanyol itu dengan minimal selisih dua gol. 

Rabu, 17 Februari 2016

Paris St. Germain vs Chelsea

Skor akhir: 2-1

Jalannya pertandingan: Paris Saint-Germain (PSG) mengawali langkah di 16 besar Liga Champions dengan menekuk tim Inggris Chelsea dengan skor 2-1.

Dua gol Les Parisiens—julukan PSG—dicetak oleh Zlatan Ibrahimovic pada menit ke-39. Sementara gol kedua datang dari Edinson Cavani di menit ke-78. 

Gol pelipur lara Chelsea dikemas oleh Mikel tepat sebelum laga pertama berakhir. Mikel mencetak gol setelah mendapatkan assist dari Diego Costa yang menyambut tendangan pojok.

Benfica vs Zenit St. Petersburg

Skor akhir: 1-0

Jalannya pertandingan: Klub juara Portugal Benfica berhasil mengalahkan tamunya klub Rusia Zenit St. Petersburg dengan skor tipis 1-0.

Kemenangan tersebut diraih Benfica setelah pertandingan berlangsung tanpa gol selamat 90 menit.

Di masa injury time, pada menit 90+1, Jonas berhasil memasukkan gol ke gawang Zenit St. Petersburg, tepat setelah bek Zenit terpaksa keluar lapangan setelah mendapatkan kartu kuning keduanya.

—Rappler.com

BACA JUGA: