Kualifikasi Euro 2016: Pemain Spanyol alami cedera, Inggris raih kemenangan

JAKARTA, Indonesia—Juara bertahan Spanyol berhasil lolos ke putaran final Euro 2016 setelah membekuk Luxemburg di stadion Estadio Municipal Las Gaunas, Logrono, Spanyol, Jumat, 9 Oktober waktu setempat. 

Kemenangan 4-0 yang diperoleh melalui dua gol Santi Cazorla (42”, 85”) dan dua gol dari Paco Alcácer (67”, 80”). Hasil ini membuat Spanyol berhasil bertengger di puncak klasemen Grup C.

Namun kemenangan ini diwarnai dengan cedera gelandang serang Manchester City David Silva dan striker Juventus Álvaro Morata. Silva terpaksa ditarik keluar saat waktu baru menunjukan menit ke 11, setelah mendapatkan tackle keras dari pemain tengah IFK Norrköping Lars Gerson. Sedangkan cedera yang dialami Morata membuatnya terancam absen membela Juventus dalam laga penting melawan Inter Milan pada Minggu, 18 Oktober.

Kedua pemain juga terpaksa tidak dapat kembali membela Spanyol dalam pertandingan kualifikasi terakhir melawan Ukraina Senin, 12 Oktober.

Dengan kemenangan ini, Spanyol menjadi tim nasional pertama yang berkesempatan untuk memenangkan Euro tiga kali berturut-turut, setelah menjadi nomor satu di Euro 2008 dan 2012 yang lalu.

Dalam pertandingan Grup C lainnya, Ukraina berhasil menang dari Macedonia 2-0. Sedangkan tuan rumah Slovakia harus menelan kekalahan 0-1 dari Belarus.

Inggris berjaya

Sementara itu, di Stadion Wembley, London, tim nasional Inggris berhasil mengalahkan penantangnya dengan skor 2-0.

Gol tercipta lewat Theo Walcott di penghujung babak pertama dan Raheem Sterling di menit 85.

Kemenangan ini membuat Inggris tak terkalahkan, sembilan dari sembilan pertandingan kualifikasi Euro 2016.

Inggris berhasil menjadi punggawa klasemen Grup E dan memastikan posisinya di putaran final Euro 2016.

Di stadion AFG Arena, St Gallen, Swiss, tim nasional Swiss berhasil menang besar 7-0 melawan San Marino. Sedangkan partai Grup E lainnya, antara Slovenia dan Lithuania, berakhir 1-1.

Pertandingan lainnya

Dalam pertandingan Grup G, Zlatan Ibrahimović berhasil membawa Swedia menang atas tuan rumah Liechtenstein dengan skor 2-0. Hasil ini membuat Swedia masih punya kesempatan lolos ke putaran final Euro 2016.

Sementara itu Austria memastikan lolos ke putaran final setelah mengalahkan Montenegro 2-3 di Gradski Stadion Podgorica. Sedangkan Rusia berada di posisi kedua klasemen Grup G, terpaut dua poin dari Swedia, setelah menang dari Moldova 1-2.

Rusia dan Swedia masih akan bertarung mendapatkan tiket putaran final Euro 2016 dalam pertandingan kualifikasi terakhir pada Senin, 12 Oktober mendatang.—Rappler.com

BACA JUGA: