Tragedi 9/11, 102 menit yang mengubah dunia

JAKARTA, Indonesia - Hari ini, 15 tahun yang lalu, Amerika Serikat mengalami serangan teroris paling mematikan sepanjang 200 tahun terakhir. Korban jiwa mencapai hampir 3 ribu orang.

Serangan ini diinisasi oleh kelompok teroris Al-Qaeda; dengan Osama bin Laden sebagai pencetusnya. 19 orang anggota Al-Qaeda membajak 4 pesawat penumpang. Dua di antaranya ditabrakan ke World Trade Center (WTC) di New York; satu di gedung Pentagon, Washington D. C.; dan satu di Shanksville, Pennsylvania, setelah kru dan penumpang pesawat melawan.

Berikut lini masa kejadian bersejarah, yang mengantarkan Amerika menjadi pemain dalam perang di Timur Tengah:

8:46 pagi - Serangan pertama

Sebuah pesawat Boeing 767 dari maskapai American Airlines dibajak oleh 5 orang. Mereka kemudian menabrakkan pesawat ke Menara Utara dari WTC, yang menimbulkan sebuah lubang besar. Asap terlihat membumbung dari puncak menara.

9:03 pagi - Menara kedua ditabrak

Kali ini, pesawat sejenis namun dari maskapai United Airlines Boeing 767, juga dibajak oleh 5 orang, menabrak Menara Selatan WTC. Kali ini, timbul ledakan besar.

9:30 pagi - Presiden Bush berbicara

Presiden Amerika Serikat saat itu, George W. Bush, mengatakan kejadian tersebut sebagai "serangan teroris." Dia memerintahkan investigasi menyeluruh untuk memburu dan menemukan pihak yang bertanggung jawab atas serangan tersebut. Ia kemudian terbang dari Florida untuk kembali ke Washington D.C.

9:37 pagi - Serangan ke Pentagon

Kali ini, pesawat Boeing 757 dari American Airlines justru menabrak gedung Pentagon di Washington D. C. Ada dua ledakan yang timbul.

9:42 pagi - Pembatalan seluruh penerbangan

Federal Aviation Administration (FAA) Amerika Serikat memerintahkan pembatalan untuk semua penerbangan komersil di seluruh Amerika.

9:59 pagi - Menara Selatan ambruk

Menara Selatan WTC, yang ditabrak 56 menit lalu, akhirnya ambruk. Meninggalkan reruntuhan dan debu yang mengepul.

10:03 pagi - Pesawat jatuh di Pennsylvania

Pesawat Boeing 757 dari United Airlines yang dibajak 4 orang, jatuh di lapangan dekat Shanksville, Pennsylvania. Awak pesawat dan penumpang rupanya melawan, sehingga pembajak yang berencana terbang ke Washington, terpaksa menjatuhkan diri di Pennsylvania.

10:28 pagi - Menara Utara tumbang

Tepat 1 jam dan 42 menit setelah ditabrak, Menara Utara WTC akhirnya tumbang. Debu mengepul di Kota Manhattan. – dengan laporan AFP/Rappler.com

BACA JUGA: