Menko Polhukam pastikan kondisi aman terkendali

JAKARTA, Indonesia — Setelah sekitar empat jam dicekam ketegangan, kawasan Jalan Thamrin kini berangsur cair. Setelah ditutup tak lama setelah pecah aksi tembak menembak, lalulintas sudah mulai mencair, menjelang sore.

Menko Politik, Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan Jakarta dalam keadaan aman, kendati baru saja diguncang aksi bom bunuh diri.

"Jakarta dalam keadaan aman, begitu juga dengan daerah lainnya. Keamanan di semua daerah telah terkendali. Buktinya saya baru kembali dari Pontianak," ujar Luhut usai meninjau salah satu lokasi pemboman di Gedung Jakarta Theater pada Kamis, 14 Januari. 

Menurut Luhut, lima teroris berhasil dilumpuhkan. Namun, dia tidak menyebut berapa banyak korban baik tewas atau luka. "Ada dua warga sipil yang meninggal. Satu di antaranya warga asing dan merupakan warga Belanda. Satu lagi merupakan warga negara Indonesia," kata mantan Kepala Staf Kepresidenan itu.

Dia menjelaskan serangan teror bermula dari ledakan bom di kafe Starbuck oleh dua orang. Lalu, serangan selanjutnya terjadi di pos polisi lalu lintas di depan restoran cepat saji Mc Donald, yang dilakukan oleh tiga orang.

"Tiga pelaku lainnya ditembak oleh polisi AKBP Dedy, karena mereka ingin meledakan bom lainnya," Luhut menambahkan.

Luhut turut membenarkan jika ada korban dari pihak kepolisian yang ditembak, namun hanya mengalami luka. Ditanya mengenai adanya sisa teroris yang berhasil kabur dan menembaki warga sipil di jalan sambil mengendarai motor, Luhut menepis hal itu.

"Itu semua tidak betul. Kalian ini jangan menyebar rumor. Kalau ada ada apa-apa lebih baik tanya ke kami," tegas Luhut.

Dia juga tidak menyebut siapa dalang di balik pelaku aksi teror. Usai kejadian ini, pengamanan di seluruh Indonesia diperketat. TNI akan diback up polisi untuk mengatasi keamanan.

Saat ini jalanan masih di sekitar area Sarinah sudah dibuka oleh polisi. Namun, beberapa toko yang ada di Sarinah masih ditutup. 

Polisi masih menyegel area di depan kafe Starbuck untuk melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP). Warga juga terlihat masih berkerumun di depan pos lalu lintas polisi yang menjadi salah satu lokasi ledakan bom. —  Rappler.com

BACA JUGA: