Pelari Kenya juara Jakarta Marathon 2016

JAKARTA, Indonesia (Update) — Pelari asal Kenya Kennedy Lilan Kiproo menjuarai Mandiri Jakarta Marathon 2016 untuk kategori maraton penuh putra. Ia mengalahkan 2.500 peserta lain yang turun di kategori ini.

Kennedy menempuh jarak 42 kilometer dengan waktu dua jam 21 menit 24 detik. Juara kedua diraih pelari asal Afrika, Chengabit Noah Kipruto, dengan waktu 2 jam 23 menit 25 detik. Sementara tempat ketiga disabet Felix Kipkorir Kangongo dengan waktu dua jam 25 menit 51 detik.

"Setelah ini mungkin Desember 2016 saya akan mengikuti Singapore Marathon. Setelah itu saya bersiap mengikuti Jakarta Marathon tahun depan," kata Kennedy usai menerima hadiah di Monas, Jakarta, Minggu 23 Oktober.

Sebagai juara pertama, Kennedy mendapatkan hadiah sebesar Rp 42 juta. Sementara juara kedua mendapat Rp 25 juta dan juara ketiga mendapat Rp 20 juta.

Jakarta Marathon 2016 dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi pada pukul 09.00 wib di Monas. Acara tahunan ini diikuti tak kurang dari 16 ribu peserta dari berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Para peserta berlari melalui titik-titik penting ibu kota, seperti kawasan Kota Tua, Fatahilla Square, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia. 

Panitia penyelenggara juga membagi lomba dalam lima kategori, yaitu:

Menurut Chairman Jakarta Marathon Sapta Nirwandar, rute ini telah memperoleh sertifikasi grade A oleh International Association of Athletic Federation (IAAF).

Sedikitnya 16.000 peserta sudah mendaftar untuk mengikuti acara ini.  Tiga kandidat calon Gubernur DKI Jakarta juga dilaporkan akan turut mengambil bagian dalam acara ini.

"Kami mendapatkan konfirmasi dari tiga bakal calon itu. Kami akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum Daerah untuk meminta arahan terkait penyelenggaraan kegiatan kami," kata promotor dan panitia penyelenggara Jakarta Marathon, Ndang Mawardi, kepada media.

Seperti diketahui, beberapa kandidat calon gubernur dan calon wakil gubernur merupakan penggemar lari, seperti cagub Agus Harimurti Yudhoyono. Selain Agus, pendamping cagub Anies Baswedan, Sandiaga Uno, juga hobi berlari. 

Mengantisipasi belasan ribu massa yang akan berpartisipasi dalam Jakarta Marathon, panitia penyelenggara pun berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya untuk melakukan rekayasa lalu lintas selama acara.

Sejumlah ruas jalan yang dilewati rute lari pun akan ditutup mulai pukul 00:00 Minggu dini hari hingga pukul 12:00. Berikut rekayasa lalu lintas dan penutupan beberapa ruas jalan ibu kota:

Rekayasa dan penutupan lalu lintas akan mulai dari lokasi start/finish Mandiri Jakarta Marathon 2016 di Kawasan Monas menuju Jl. Gajah Mada hingga Jl. Malaka, Roa Malaka; Jl. Tiang Bendera, Kali Besar Barat; Jl. Kunir, Pintu Besar Selatan; Jl Hayam Wuruk, Jl. Juanda, Pasar Baru; Lapangan Banteng; Jl. Veteran; Jl. Medan Merdeka Barat; Jl. MH Thamrin; Jl. Imam Bonjol, Jl. Rasuna Said, Jl. Jend Gatot Subroto, hingga Jl. Gerbang Pemuda TVRI, dan arah sebaliknya.

Akses masuk/keluar tol Semanggi juga akan ditutup mulai pukul 05:30 hingga pukul 12:00 WIB Minggu pagi.—dengan laporan ANTARA/Rappler.com